MUSTIKALAND.CO.ID - Ketika Anda berniat membangun atau merenovasi rumah, pastilah Anda akan mencari tahu lebih dalam tentang bahan material yang berkualitas tinggi supaya bangunan rumah menjadi kokoh. Selain pondasi rumah, material dinding juga perlu Anda perhatikan.  

Batako adalah material bahan bangunan yang populer untuk menyusun konstruksi dinding rumah. Akhir-akhir ini banyak yang memilih batako daripada bata merah. Sebenarnya apa saja kelebihan dan kekurangan batako? Mengapa banyak orang yang lebih suka menggunakan batako untuk konstruksi rumah daripada bata merah?

Artikel ini akan membahas tentang batako, mulai dari jenis-jenis batako, harga batako, serta membahas kelebihan dan kekurangan batako. Simak artikel berikut ini sampai selesai.

Material Batako

Umumnya batako terbuat dari campuran semen dan pasir. Cara pembuatannya berbeda dari bata merah. Pembuatan batako tidak melalui pembakaran dengan suhu tinggi, melainkan hanya di-press atau cetak menggunakan alat cetak padat. Dikarenakan cara pembuatannya yang di-press, banyak yang menyebutkan batako sebagai batako press.

Di samping itu, ada juga batako yang terbuat dari campuran kapur, air, dan batu tras. Banyak juga beredar di pasaran batako yang terdiri dari campuran pasir, semen, dan tambahan batubara.

Berat batako jauh lebih ringan daripada bata merah yang materialnya dari tanah, sebab batako hanya terbuat dari semen dan pasir.

Lalu, ukuran batako juga jauh lebih besar jika dibandingkan bata merah. Bentuknya juga tidak padat seperti bata merah, batako memiliki rongga di bagian tengahnya.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Semen Terbaik, Bikin Bangunan Lebih Kuat & Awet

Jenis-Jenis Batako

Batako memiliki banyak jenisnya tergantung dari material bahan pembuatnya. Di bawah ini adalah jenis-jenis batako yang beredar di pasaran.

1.      Batako Putih

Batako jenis ini memiliki nama lain tras. Terbuat dari campuran batu kapur, air, dan tras. Material utama dari batako putih ini adalah tras, yakni jenis tanah warna putih atau putih kecoklatan yang asalnya dari pelapukan batuan dari gunung berapi.

2.      Batako Semen

Batako semen yang mempunyai julukan lain batako press adalah batako yang terbuat dari campuran pasir, semen, dan abu batu. Kemudian campuran itu mengalami proses pencetakan atau press, sehingga disebut batako press.

Secara umum ukuran batako press lebih besar daripada batako tras. Panjang batako press untuk ukuran besar adalah 36-40 cm. Kemudian ketebalannya mencapai 8-10 cm dan tingginya 18-20 cm. Sedangkan batako press berukuran kecil panjangnya mulai dari 30 cm, dengan tinggi 14-15 cm, dan ketebalannya mencapai 10 cm.

3.      Batako Beton

Batako beton merupakan campuran dari material pasir dengan semen portland (PC). Cara pembuatannya sama dengan batako press, tidak melalui proses pembakaran namun pencetakan, baik menggunakan mesin atau secara manual. Supaya ukurannya tidak berat, terkadang batako juga memakai tambahan batubara dan styrofoam.

Baca Juga: Struktur Bangunan: Pengertian, Jenis, hingga Komponen

Ukuran Batako

Supaya memudahkan Anda dalam memilih ukuran batako yang tepat, berikut adalah tabel ukuran berbagai batako yang beredar di pasaran.

Ukuran Batako

Harga Batako

Batako dapat Anda beli dalam bentuk satuan atau kubik. Tabel di bawah ini adalah daftar harga batako dalam satuan maupun kubik.

Harga Batako

Kelebihan Batako

Lalu apa saja kelebihan batako daripada material bahan bangunan lain seperti bata merah dan bata ringan? Berikut pembahasannya.

1.      Ringan

Kelebihan batako yang pertama adalah ringan. Kelebihan ini sangat menguntungkan karena proses pembangunan jadi lebih cepat dan mudah.

2.      Bersifat Kedap Air

Material batako tahan terhadap air, sehingga Anda tidak perlu takut air hujan dapat merembes ke dinding hunian Anda yang menyebabkan ruangan jadi lembab dan tumbuh jamur.

3.      Berukuran Besar dan Simetris

Batako ukurannya lebih besar dari bata merah, sehingga lebih menghemat waktu saat proses konstruksi. Selain itu bentuk batako juga simetris daripada bata merah, sehingga saat batako disusun akan terlihat lebih rapi.

4.      Murah

Harga batako terbilang lebih terjangkau daripada bata merah. Sebab harga batako dapat Anda dapatkan mulai dari harga seribu rupiah satu bijinya.

5.      Menyerap Panas dengan Baik

Batako sangat tepat untuk membangun rumah di kawasan bersuhu panas seperti Indonesia. Sebab batako dapat menyerap suhu panas dengan baik, sehingga rumah Anda terasa lebih sejuk.

Kekurangan Batako

Selain kelebihannya yang banyak, batako ternyata juga memiliki kekurangan daripa bata merah. Apa saja?

1.      Mudah Retak

Batako memiliki bobot yang sangat ringan karena terbuat dari semen dan pasir. Selain itu, batako juga terdapat rongga di bagian tengahnya. Menyebabkan batako lebih rentan retak daripada bata merah yang padat dan kokoh.

2.      Rentan Pecah

Selain mudah retak, batako juga rentan pecah karena material pembuatnya hanya dari semen, pasir, dan air. Oleh karena itu, Anda harus lebih berhati-hati bila memilih batako untuk menyusun dinding rumah Anda. Hindari pemakaian paku di dinding karena bisa menyebabkan dinding rusak.

3.      Lebih Bising

Batako bukan peredam suara yang baik. Lagi-lagi karena bahan materialnya yang tidak padat seperti bata merah, batako memiliki rongga sehingga tidak dapat meredam suara bising dari luar.

Perbandingan Batako dengan Bata Merah dan Hebel

Bila dibandingkan batako vs bata merah manakah yang lebih baik? Tergantung dari kebutuhan dan kemampuan Anda. Batako memiliki harga yang lebih terjangkau dan ringan, sehingga dapat menghemat biaya dan waktu pembangunan. Namun, tidak kokoh seperti bata merah yang lebih padat dan terbuat dari tanah.

Lalu bagaimana dengan perbandingan batako vs bata ringan (hebel)? Bata ringan adalah penggabungan dari bata merah dan batako. Sifatnya ringan, simetris, tidak mudah retak, kedap air, dan dapat meredam suara dengan baik. Tapi harganya jauh lebih mahal daripada batako, bahkan lebih mahal dibandingkan bata merah.

Itu dia informasi lengkap mengenai batako. Mulai dari pengertian hingga kelebihan dan kekurangannya. Material untuk konstruksi rumah memang memerlukan banyak pertimbangan. Maka dari itu, sebelum memulai proyek pembangunan Anda harus banyak mencari informasi terkait material bangunan. Jangan sampai Anda salah pilih demi kenyamanan hunian.

Mari kunjungi proyek kami:

Mustika Village Sukamulya
Desa, Sukamulya, Kec. Sukatani, Bekasi, Jawa Barat 17630

Mustika Village Karawang
Lemahmulya, Kec. Majalaya, Kab. Karawang, Jawa Barat 41371

Mustika Park Place
Jl. Burangkeng, Kec. Setu, Bekasi, Jawa Barat 17320

Selain itu, Anda juga bisa menghubungi nomor 0812-8006-5200 atau email ke [email protected].