MUSTIKALAND.CO.ID - Dalam proses membangun sebuah rumah, semen merupakan salah satu komponen penting yang wajib untuk diperhatikan. Penggunaan semen berkualitas terbaik adalah salah satu jaminan sebuah bangunan dapat bertahan lama dan minim kerusakan. 

Semen terbaik adalah semen yang memiliki ciri-ciri seperti tidak mengumpal, adukan lebih rapat dan pekat, kemasan tertutup dengan baik serta berlogo SNI. Nah, supaya tidak keliru dalam memilih semen, berikut beberapa ulasan mengenai jenis dan fungsinya.

Jenis dan Fungsi Semen 

Semen adalah material yang berbentuk serbuk yang terdiri dari 70% terak semen, 5% gypsum dan sisanya adalah material tambahan lainnya. Terak semen dibuat dari hasil olahan pembakaran batu kapur, silica, pasir besi dan tanah liat. 

Pada umumnya semen memiliki fungsi sebagai material perekat dalam pembuatan tembok, pemasangan keramik serta kebutuhan bangunan lainnya. Namun, ternyata setiap semen memiliki jenis  dan kegunaan yang berbeda.

Baca Juga: Kenali 8 Jenis Material Plafon, Jangan Sampai Salah Pilih

Semen Portland

Semen Portland adalah jenis semen terbaik yang banyak digunakan pada masyarakat pada umumnya. Terdiri dari lima varian yang khusus digunakan pada bidang konstruksi tertentu. Varian semen Portland I khusus digunakan untuk pembangunan perumahan, jalan raya, landasan pacu dsb.

Sedangkan varian semen Portland II, cocok digunakan pada bangunan yang terletak di tanah rawa dan pinggir laut seperti bendungan serta saluran irigasi. Untuk varian semen Portland III baik digunakan pada konstruksi besar seperti bandara serta perkantoran. Untuk kondisi lingkungan yang mudah terpengaruh oleh suhu udara serta tanahnya mengandung sulfat, maka dapat menggunakan varian semen Portland IV dan varian semen Portland V.

Semen Portland Pozzolan

Semen Portland Pozzolan merupakan jenis semen yang digunakna untuk pembangunan dermaga ataupun jembatan. Semen ini terbuat dari material terak, bahan pozzolan dan gypsum yang dapat melekat dengan kuat pada area yang memiliki kandungan sulfat yang tinggi. 

Semen Putih

Semen putih adalah jenis semen yang banyak digunakan untuk melapisi keramik, permukaan dinding dsb. Teksturnya lembut dan berwarna putih sehingga cocok digunakan sebagai material dalam tahap finishing.

Semen Sumur Minyak

Dalam pengeboran minyak dan gas, semen sumur minyak digunakan untuk mengikat bagian luar pipa dengan dinding sumur. Saat dilakukan proses pengeboran, pipa ditempatkan pada lubang kemudian semen dipompa menuju kebawah. 

Ketika semen mulai dipompa kembali menuju keatas, maka bagian luar pipa dan dinding sumur akan terikat. Ikatan tersebut mampu melindungi minyak dan air bawah tanah agar tidak tercampur pada bagian dalam sumur. 

Semen Sumur Mansory

Paving block, hollow brick dan tegel merupakan komponen bangunan yang biasannya digunakan di luar ruangan. Agar dapat melekat dengan kuat serta tahan terhadap perubahan cuaca maka semen yang digunakan adalah jenis semen sumur mansory.

Semen Portland Composite

Semen Portland composite merupakan semen yang terbuat dari terak, bahan non organic dan gypsum. Semen jenis ini sangat baik untuk digunakan dalam pemasangan beton pracetak, paving block, serta konstruksi beton lainnya.

Semen Campuran

Semen campuran merupakan jenis semen khusus dan hanya diperuntukan bagi pembangunan di dalam laut. Semen ini pertama kali dikenal di Indonesia pada saat pembangunan jembatan Suramadu di Madura.

Semen Antibakteri

Tak hanya memperhatikan kualitas rekat pada bangunan, seorang kontraktor juga harus mempertimbangkan kebersihan serta kesehatan. Untuk bangunan kolam renang, kolam ikan, lantai pabrik makanan maka harus menggunakan semen antibakteri.

Semen antibakteri dibuat dari campuran semen Portland serta bahan antibakteri khusus. Semen ini tak hanya kuat dan mampu melekat dengan sempurna tapi juga mampu menahan pertumbuhan bakteri pada permukaan bangunan.

Semen High Alumina

Bagi bangunan yang rentan terhadap korosi, api serta panas maka sebaiknya menggunakan semen high alumina. Semen High Alumina merupakan jenis semen yang paling kuat dibanding dengan semen jenis lainnya.

Baca Juga: Struktur Bangunan: Pengertian, Jenis, hingga Komponen

Rekomendasi Semen Terbaik

Setelah mengetahui berbagai jenis semen dan fungsinya berikut beberapa rekomendasi semen terbaik untuk bangunan rumah minimalis.

Semen Gresik

Semen gresik masuk ke dalam jenis semen multiguna yang mengandung unsur pozzolan di dalamnya. Semen ini telah terdaftar SNI bahkan mengantongi sertifikat ISO 14001 dan masuk kedalam kategori semen yang ramah lingkungan.

Semen Padang

Semen Padang merupakan salah satu jenis semen tertua dan berkualitas tinggi. Semen ini memberikan tampilan permukaan bangunan lebih halus dan tahan terhadap asam sulfat.

Semen Holcim

Menjadi salah satu semen terlaris, semen Holcim adalah satu-satunya semen yang mengandung micro filter particle. Keunggulannya, semen Holcim mampu mengisi rongga permukaan yang kosong sehingga terisi penuh dan halus.

Semen Tiga Roda

Semen Tiga Roda adalah salah satu semen terbaik Indonesia yang mengantongi standar kualitas Eropa. Semen ini tak hanya mampu membuat bangunan kokoh namun juga memberikan tampilan akhir yang halus. Namun, kelemahan dari semen ini adalah proses pengeringan yang cukup lama sehingga sedikit memperpanjang waktu pengerjaan bangunan.

Semen Rajawali

Untuk memperoleh kualitas semen hampir setara dengan semen Tiga Roda namun dengan harga terjangkau, maka dapat menggunakan semen Rajawali. Diproduksi oleh satu perusahaan yang sama, semen Rajawali merupakan salah satu semen terbaik yang cocok digunakan untuk membangun rumah minimalis.

Nah, itulah beberapa rekomendasi semen terbaik yang dapat menjadi pertimbangan untuk digunakan pada bangunan rumah Anda. Lantas, bagaimanakah jika Anda berniat untuk membeli perumahan?

Tentu saja, Anda harus jeli dalam memilihnya. Pilihlah rumah yang kokoh dan asri agar cerita indah bersama keluarga akan Anda dapatkan. Dari sekian perumahan yang ada, Mustika Village Sukamulya hadir untuk memberikan hunian yang sesuai dengan ekspektasi Anda.

Bersama Mustika Village Sukamulya, Anda akan mendapatkan kualitas terbaik, fasilitas lengkap, harga terjangkau, legalitas, serta lokasi yang strategis akan menjadi benefit yang akan Anda dapatkan.

Mari kunjungi proyek kami:

Mustika Village Sukamulya
Desa, Sukamulya, Kec. Sukatani, Bekasi, Jawa Barat 17630

Selain itu, Anda juga bisa menghubungi nomor 0812-8006-5200 atau email ke care@mustikaland.com.