MUSTIKALAND.CO.ID - Daun pintu adalah sebuah material penyempurna konstruksi bangunan yang terpasang di kusen, sehingga dapat membuka dan menutup. Berguna sebagai pemisah dan penutup setiap ruangan di dalam sebuah bangunan.

Pentingnya fungsi pintu dalam sebuah bangunan termasuk tempat tinggal, membuat Anda harus memilih model daun pintu yang tepat dipasang di kediaman Anda.

Seiring bertambahnya tahun, kini model daun pintu sudah semakin bervariasi. Mulai dari daun pintu bergaya tradisional hingga model daun pintu yang minimalis dan modern. Berikut model daun pintu yang dapat Anda pilih untuk melengkapi rumah idaman Anda.

Daun Pintu Kayu

Model daun pintu kayu masih menjadi favorit sepanjang zaman. Dari zaman dulu hingga sekarang, pintu berbahan kayu masih banyak yang menggemarinya. Berikut daun pintu kayu yang umum dijumpai.

1.      Kayu Solid (Solid Wood)

Kayu Solid

Daun pintu yang terbuat dari kayu solid ini sangat awet dan tahan banting. Sebab, kayu solid berasal dari kayu mentah yang bentuknya masih utuh. Kayu ini belum mengalami proses pengolahan.

Umumnya pintu di rumah-rumah tradisional memakai jenis kayu solid. Namun di tahun 2021 sudah banyak model daun pintu minimalis dari kayu solid. Dengan aksen garis horizontal yang melintang di bagian tengah, dapat memberi kesan pintu rumah Anda jadi trendi dan juga kokoh.

Kayu Olahan

Kayu olahan adalah kayu hasil produksi pabrik yang sudah mengalami proses pengolahan, yaitu seperti kayu yang terbentuk dari hasil peleburan serat kayu atau kayu yang terbentuk dari proses perekatan lembaran kayu-kayu tipis juga termasuk ke dalam kayu olahan. Contoh pintu dari produk kayu olahan adalah pintu berbahan multiplek (plywood), teak wood, dan MDF.

Daun pintu ini tergolong murah dan ringan. Pintu yang terbuat dari kayu olahan cocok untuk hunian minimalis dengan desain yang sederhana. Sangat cocok untuk melengkapi interior rumah.

Baca Juga: 7 Inspirasi Model Teralis Jendela Minimalis, Bikin Hunian Anda Lebih Bergaya

Daun Pintu Logam

Selain berbahan kayu, akhir-akhir ini mulai banyak bangunan yang memasang daun pintu dari bahan logam. Berikut adalah contoh desain pintu yang terbuat dari logam.

1.      Besi

daun pintu besi

Seringnya daun pintu dari besi hanya khusus terpasang sebagai gerbang, pintu garasi, pintu pabrik, pintu gudang, pintu pertokoan, dan pintu di bangunan-bangunan besar. Keuntungannya memasang pintu berbahan besi adalah tahan api serta benturan. Kendati begitu, daun pintu besi juga rentan terhadap air dan tempat lembab karena bisa menyebabkan pengaratan.

Walau identik dengan pintu yang ada di pabrik atau pertokoan, tetapi Anda juga bisa memasang model daun pintu dari besi ini di rumah. Materialnya yang kokoh, cocok dipasang sebagai pintu utama rumah Anda.

2.      Aluminium

Daub pintu Aluminium

Aluminium adalah jenis logam yang tidak dapat berkarat. Oleh karena itu, daun pintu berbahan aluminium terbilang jauh lebih kokoh daripada material besi. Bahan ini tahan air, benturan, dan juga api.

Sayangnya daun pintu material aluminium memiliki kekurangan, yakni bobotnya yang cenderung berat. Oleh karena itu, tidak cocok terpasang di ruangan bermobilitas tinggi yang memungkinan seringnya pintu menutup dan membuka. Model daun pintu aluminium ini cocok untuk pintu kamar mandi atau pintu yang terhubung dengan ruangan terbuka.

Daun Pintu Kaca

Daun Pintu Kaca

Melihat sifat kaca adalah material yang transparan, sehingga cahaya dapat menembus ruangan yang memasang pintu berbahan kaca. Daun pintu model kaca ini cocok untuk ruangan yang membutuhkan banyak cahaya. Sayangnya, pintu dari kaca rentan terkena benturan.

Namun, akhir-akhir ini banyak yang menggunakan pintu kaca untuk mempercantik tampilan interior maupun eksterior bangunan karena desainnya cantik dan estetik. Umumnya untuk menghias kafe atau restoran. Akibat kepopulerannya, sudah banyak beredar daun pintu dari kaca dengan model minimalis di tahun 2021.

Daun Pintu PVC

Daun Pintu PVC

PVC adalah singkatan dari Polyvinyl Chloride yang merupakan produk hasil dari polimerisasi minyak bumi. Sifatnya mirip plastik, yakni ringan, tahan panas, tahan rayap, dan juga kedap air. Dari sifatnya tersebut, pintu dari PVC cocok untuk ruangan yang memungkinkan terkena air dengan intensitas tinggi seperti kamar mandi. Kini model daun pintu PVC juga sudah sangat beragam, trendi, dan bergaya minimalis.

Baca Juga: 12 Desain Pintu PVC Kamar Mandi yang Bisa Banget Jadi Pilihanmu

Daun Pintu HPL

Daun Pintu HPL

Produk kayu pabrikan yang menggunakan teknologi HPL atau high pressure laminate ini akan menghasilkan kayu yang sifatnya tahan goresan dan air. Sayangnya model daun pintu dari HPL tidak tahan api juga benturan. Model daun pintu dari HPL sangat cocok untuk bagian interior rumah seperti pintu kamar.

Daun Pintu UPVC

Daun Pintu UPVC

UPVC adalah singkatan dari unplasticized polyvinyl chloride. Bahan UPVC adalah produk hasil dari polimerisasi minyak bumi yang sifatnya mirip dengan karet. Oleh sebab itu, model daun pintu dari UPVC sangat kokoh. Tahan air, panas, api, dan benturan.

Selain itu, pintu dari UPVC ini memiliki banyak model karena membentuknya sangat mudah. Umumnya desain daun pintu UPVC ini ada penambahan material kaca agar terlihat cantik dan minimalis. Sayangnya material ini lebih berat dari aluminium. Maka, pasanglah di ruangan yang mobilitasnya rendah.

Daun Pintu Panel Sintetis

Daun Pintu Panel Sintetis

Pintu dari panel sintetis ini sebetulnya terbuat dari bahan kayu namun telah melalui proses pencampuran dengan bahan-bahan kimia. Hasil pencampuran tersebut membuat daun pintu panel sintetis ini memiliki tekstur serat kayu yang tentunya hanya buatan.

Materialnya berasal dari produksi pabrikan membuat pintu panel sintetis ini memiliki bermacam-macam model, mulai dari klasik hingga minimalis dan modern. Keunggulan material panel sintetis adalah tahan rayap, api, air, dan cukup kokoh terhadap benturan.

Ada berbagai model daun pintu yang tersedia di pasaran. Supaya tidak salah pilih, Anda wajib mempertimbangkan jenis materialnya dulu agar nantinya bisa bekerja sesuai dengan fungsinya. Barulah setelah itu Anda bisa menyesuaikan desainnya sesuai dengan keinginan.

Mustika Park Place yang bertempat di Setu, Bekasi, adalah hunian premium di kelasnya. Selain memiliki pondasi bangunan yang kuat dan desain yang modern, hunian di Mustika Park Place memiliki daun pintu model honeycomb. Pintu jenis ini tidak mudah menyusut, tahan air, tahan rayap, dan tahan suhu lembab.

Mari kunjungi proyek kami:

Mustika Park Place
Jl. Burangkeng, Kec. Setu, Bekasi, Jawa Barat 17320

Selain itu, Anda juga bisa menghubungi nomor 0812-8006-5200 atau email ke [email protected].