Kini, sebagian besar orang sudah mengetahui kasur springbed sebagai kasur yang nyaman dari pada kasur lainnya. Kasur berikut ini bernama spring bed sebab menggunakan spring atau lapisan. Kasur spring bed memiliki desain yang inovatif dengan harga bervariasi, mulai dari 1 jutaan hingga puluhan juta.

Memutuskan untuk memilih spring bed supaya dapat tidur dengan nyaman langkah awal yang tepat. Oleh karena itu, sebelum membeli Kasur spring bed, lebih baik Anda mengetahui berbagai tips untuk memilihnya agar tidak salah beli.


Kelebihan Kasur Spring bed Dibanding Kasur Lainnya

Kelebihan Kasur Spring bed jika Dibanding Kasur Lainnya

Sejak dulu, kasur spring bed dikenal sebagai kasur yang sudah popular. Kasur jenis spring bed ini sering diminati karena terkenal tahan lama dan kuat. Hal ini disebabkan kasur ini dapat menopang beban tubuh yang berat sekali, dan menggunakan per.

Berbeda dengan kasur busa, kasur spring bed tidak mudah kempis meski sering digunakan tidur lama. Kelebihan lainnya adalah desain yang modern dan elegan sehingga kasur ini tepat melengkapi ruangan Anda.

Namun, produsen spring bed banyak membuat kasur dari bahan yang berkualitas rendah karena saking terkenalnya kasur spring bed ini. Oleh sebab itu, Anda perlu mengetahui cara memilih kasur spring bed yang tepat dan memperhatikan beberapa ciri-ciri kasur spring bed yang berkualitas. Inilah tips memilih kasur spring bed.

Baca juga: Inilah 15 Rekomendasi Warna Cat Kamar Tidur Yang Cantik


Cara  Memilih Kasur Spring Bed Berkualitas

Sebetulnya, mengetahui dan memilih kasur spring bed yang berkualitas sangatlah mudah. Simak beberapa poin dibawah ini untuk mendapatkan kasur spring bed berkualitas impian Anda.

  1. Periksa Ketebalan Kasur

Semakin tebal sebuah kasur, tentunya makin empuk untuk ditiduri. Kasur tebal juga lebih awet untuk digunakkan. Perlu Anda ketahui tentang ketebalan kasur karena akan mempengaruhi kenyamanan tubuh Anda. Salah satu untuk mengetahui layaknya kasur yaitu dengan mengetahui ketebalan kasur spring bed di pasaran yaitu 22 cm hingga 40 cm. 

Tidak hanya melihat dari ukuran ketebalan kasurnya saja, Anda harus juga menyesuaikan bobot tubuh Anda. Untuk Anda yang memiliki berat badan yang berat, disarankan untuk memilih kasur yang tebal. Namun, untuk Anda yang memiliki tubuh yang kecil, kasur dengan ketebalan yang rendah tidak menjadi masalah.

  1. Sesuaikan Ukuran Kasur dengan Kebutuhan

Di pasaran tentunya menjual kasur spring bed dengan berbagai macam ukuran. Jika Anda mencari tempat tidur untuk diri sendiri, cobalah memilih ukuran single size (90 cm x 200 cm atau 100 cm x 200 cm). Kasur single ini juga tepat untuk digunakkan anak. 

Jika Anda memerlukan kasur untuk dua orang, Anda dapat memilih queen size (160 cm x 200 cm), yaitu ukuran yang tepat untuk digunakkan dua orang. Untuk Anda yang memiliki ruangan yang besar, ukuran king size (180 cm x 200 cm) adalah ukuran yang tepat untuk ruangan besar. Selanjutnya , ukuran yang paling besar adalah super king size (200 cm x 200 cm). Ukuran ini dapat digunakkan oleh tiga orang dewasa karena ukuran kasurnya yang luas.

  1. Ketahui Jenis Per Kasur

Kasur spring bed menggunakan per dalam pembuatan kasur. Per memiliki dua jenis yaitu bonnel spring dan pocket spring. Mari kita simak perbedaan per berikut ini.

  • Bonnell spring

Per yang satu ini lebih murah namun teteap dapat tahan lama. Kasur spring bed yang berkualitas standar banyak menggunakan per ini. Bonnel spring terbuat dari kawat ulir dengan bahan baja terhubung dari satu per ke per yang lain sehingga dapat bergerak  bersamaan ketika terkena tekanan tubuh. Meski jenis per ini memiliki harga ekonomis, kasur ini memiliki sifat tahan lama. 

  • Pocket spring

Berbeda dengan bonnel spring yang saling berhubungan dengan satu per ke per lainnya, pocket spring dapat berfungsi secara mandiri. Pocket spring dapat menjaga kasur dari goncangan ketika terkena tekanan tubuh. Kasur yang memiliki per ini dapat menjaga tubuh dari risiko sakit tulang belakang sehingga tidur semakin nyaman. Per yang terdapat dalam kasur ini memiliki lebih banyak per dibanding dengan per lainnya. Oleh karena itu, bobot kasur ini lebih berat juga dari kasur bonnel spring.

  1. Jumlah Per yang Digunakkan

Setelah membaca perbedaan jenis per, Anda juga harus mengecek berapa jumlah per yang digunakkan. Sebab, kasur spring bed yang berkualitas adalah yang memiliki per yang terbanyak. Bahkan, kasur spring bed yang memiliki jumlah per yang banyak dijual lebih mahal. 

Kasur spring bed memiliki 140 buah per di setiap perseginya. Tentunya, jika Anda ingin kasur yang berkualitas maka ANda harus mencari jumlah per yang lebih banyak. Sayangnya, sedikit produsen kasur menginfokan informasi tentang produknya termasuk berapa jumlah per yang digunakkan.

  1. Pilihlah bahan matras topper yang Berkualitas

Perlengkapan kasur spring bed yang berkualitas yaitu juga menggunakan lapisan di atasnya. Lapisan ini dinamakan matras topper dan terbuat dari bahan lateks dan bahan busa. Fungsi dari matras topper adalah untuk memberikan kenyamanan dan sensasi lebih empuk untuk tubuh.


Baca juga: 5 Inspirasi Kamar Tidur Terpopuler, Bikin Makin Betah di Rumah


Cara Merawat SpringBed

Kasur spring bed perlu dibersihkan untuk menjaga kualitasnya. Untuk Cara membersihkan kasur spring bed cukup mudah. Inilah cara mencuci springbed dengan aman:

  • Gunakkan vaccum cleaner untuk menyedot debu

  • Jika terdapat noda maka gunakkan semprotan berisi air dingin dan kain mikrofiber

  • ​​Jangan gunakkan air hangat karena akan membuat noda kotor meresap lebih dalam dan akan sulit untuk dibersihkan

  • Semprotkan pada noda dan tepuk-tepuk kasur dengan menggunakan kain mikrofiber

  • Lalu semprotkan disinfektan agar jamur tidak berkembang

  • Bersihkan secara menyeluruh di bagian tepi, atas dan bawah