Sering menginap di hotel? Jika iya, pasti Anda sudah tidak asing dengan istilah housekeeping. Housekeeping memiliki peran yang sangat vital di hotel, bahkan jika tidak ada, maka keberlangsungan hotel dalam melayani tamu pun bisa terganggu.

Housekeeping adalah departemen yang melakukan pemeliharaan hotel atau penginapan. Ada banyak seksi atau divisi di dalamnya, yang masing-masing memiliki peranan sendiri. Nah, untuk lebih jelasnya mengenai apa itu housekeeping, yuk simak ulasan berikut ini.


Apa Itu Housekeeping

Seperti yang telah dijelaskan diatas, housekeeping adalah sebuah departemen di hotel atau penginapan yang memiliki tugas dan tanggung jawab dalam mengurus pekerjaan rumah tangga. Pekerjaan tersebut meliputi perawatan kamar, penyediaan makanan, perawatan bangunan, pembayaran tagihan, dan lain sebagainya.

Pada intinya, keseluruhan operasional hotel dilakukan oleh housekeeping. Housekeeping bertanggung jawab untuk menjaga kebersihan dan kerapian seluruh area hotel serta memberikan pelayanan yang optimal pada para tamu.


Tugas Housekeeping

Sebuah hotel atau penginapan sebaiknya memiliki layanan serta fasilitas yang memuaskan para tamu. Layanan inilah yang menjadi daya tarik bagi para tamu untuk menginap disana. Untuk itulah, housekeeping perlu memastikan bahwa layanan hotel sudah maksimal dalam menyambut tamu.

Tak hanya soal pelayanan, housekeeping juga perlu memastikan kebersihan hotel di setiap sudutnya. Housekeeping akan membersihkan kamar tamu setelah dipakai dan menyiapkan kamar tersebut untuk ami selanjutnya. Disinilah housekeeping ditantang untuk memiliki komunikasi yang baik dengan resepsionis mengenai status kamar, tujuannya adalah jangan sampai tamu hotel diberikan kamar bekas yang belum dibersihkan. 

Housekeeping juga perlu melakukan koordinasi dengan petugas teknis hotel, misalnya ketika menemukan AC mati atau TV yang rusak di kamar. Koordinasi yang baik akan melahirkan layanan yang optimal pada para tamu. 


Baca juga: Lingkungan Sehat: Pengertian, Ciri Ciri, hingga Cara Menjaga


Pembagian Kerja

Saking luasnya tugas dan tanggung jawab housekeeping, diperlukan pembagian kerja pada departemen ini. Nah, berikut merupakan pembagian kerja yang ada pada divisi housekeeping untuk mempermudah pekerjaannya.

1. Room Section

Room section bertugas untuk membersihkan kamar, baik sebelum mau setelah tamu masuk. Room section juga bertugas untuk mengumpulkan laundry, mengganti sprei, serta membersihkan kamar mandi. Room section bertanggung jawab untuk memastikan bahwa setiap sudut kamar hotel telah bersih.

2. Public Area Section

Public area section bertanggung jawab dalam pemeliharaan area publik hotel seperti kolam renang, lobi, serta fasilitas lain yang digunakan secara umum. Tentunya divisi ini tidak kalah penting dari room section, karena kebersihan ruang umum di hotel sangat mencerminkan layanan hotel dan berhubungan langsung dengan kepuasan tamu.

3. Laundry Section

Laundry section bertugas untuk mencuci serta menyetrika seluruh kain yang digunakan oleh tamu, seperti selimut, sprei, gorden, handuk dan lainnya. Termasuk juga ketika ada tamu yang ingin menggunakan jasa laundry hotel untuk mencuci pakaian pribadinya. 

4. Linen Section

Setelah semua hal yang berhubungan dengan laundry selesai dilakukan, berikutnya ada linen section yang akan mendistribusikan seluruh kain ke bagian yang membutuhkan. Linen section perlu gerak cepat dalam hal ini untuk mencegah keterlambatan distribusi kain bersih.

5. Florist and Gardener

Florist and Gardener bertanggung jawab untuk memelihara kebersihan dan keindahan taman di area hotel. Florist bertugas untuk merangkai bunga yang diletakkan di ruangan hotel serta memastikan kesegaran buket bunga yang ada di berbagai ruangan hotel. Sedangkan gardener bertugas untuk memelihara taman di area hotel seperti menyiangi tanaman, membersihkan tanaman, serta memangkas tanaman.


Baca juga: Cara Menjernihkan Air Aquarium Agar Tidak Kotor dan Keruh


Kisaran Gaji

Tugas housekeeping yang cukup ‘berat’ mungkin akan membuat Anda bertanya-tanya, berapa gajinya? Gaji housekeeping berbeda-beda, tergantung posisi atau jabatannya. Besaran gaji ini juga tergantung dari kelas hotel, apakah penginapan biasa atau hotel bintang lima. Namun secara umum, rata-rata gaji housekeeping dimulai dari angka Rp2,1 juta. Sedangkan gaji housekeeping di Jakarta dimulai dari angka Rp4,3 jutaan.

Nah, itulah pengertian, tugas, ruang lingkup, serta kisaran gaji housekeeping yang perlu Anda tahu. Semoga bermanfaat, ya!