Kondisi rumah yang rusak tentu tidak aman bagi penghuninya. Supaya Anda bisa istirahat dengan nyaman dan aman, sebaiknya segera lakukan renovasi. Kegiatan renovasi memang memerlukan biaya yang lumayan besar. Namun, jika Anda mengalami kendala dana, maka bisa mengajukan kredit renovasi rumah.

Anda bisa mengikuti pembahasan di bawah ini supaya bisa mendapatkan pinjaman renovasi rumah yang mudah dan tanpa beban. Simak sekarang juga! 

Kiat Mendapatkan Kredit Renovasi Rumah

Berikut merupakan sejumlah tips untuk mendapatkan pinjaman renovasi rumah yang jitu dan tidak memberatkan keuangan Anda:

1. Top Up KPR

Apabila rumah yang Anda tinggali masih belum belum lunas cicilan KPR, maka Anda bisa melakukan top up KPR jika ingin melakukan renovasi. Top up KPR ini merupakan bagian dari fasilitas yang disediakan oleh bank atau penyedia KPR. 

Mengajukan pinjaman untuk renovasi rumah melalui top up KPR tentu lebih praktis dan mudah karena Anda tidak perlu bingung lagi mencari bank yang dapat memberikan pinjaman. 

Ketentuan setiap bank penyedia KPR bisa berbeda. Ada yang memberikan layanan top up KPR secara online dan ada pula yang mengharuskan Anda untuk mendatangi kantor cabang terdekat.

2. Kredit Tanpa Agunan

Belakangan ini banyak bank atau lembaga keuangan lainnya yang menawarkan layanan KTA atau kredit tanpa agunan untuk renovasi rumah. Menariknya, pinjaman tanpa jaminan ini memberikan plafon dengan jumlah yang lumayan besar. Anda bisa mengajukan pinjaman mulai dari Rp1.000.000,00 hingga Rp500.000.000,00. 

Selain itu, Anda bisa memilih tenor cicilan mulai dari 1, 3, atau bahkan 5 tahun. Umumnya, KTA untuk renovasi rumah memberikan persyaratan ringan dan cepat cair, sehingga Anda bisa mengandalkannya untuk kondisi darurat.

3. Pahami Persyaratan Pinjaman dan Suku Bunga

Kredit renovasi rumah yang ditawarkan setiap bank tentu mempunyai persyaratan dan ketentuan yang berbeda. Dengan demikian, Anda perlu mempelajari lebih cermat lagi persyaratan apa saja yang harus Anda lengkapi supaya proses pengajuan kredit Anda cepat cair.

Selain itu, pahami dan cermati pula besar suku bunga pinjaman yang harus Anda bayar. Memahami suku bunga adalah poin krusial karena erat kaitannya dengan jumlah cicilan yang akan Anda bayar. Anda juga perlu memastikan lagi apakah selain suku bunga masih ada biaya tambahan lainnya, seperti biaya administrasi. 

4. Lengkapi Dokumen yang Diperlukan

Setiap bank atau lembaga keuangan pasti mengharuskan Anda untuk melengkapi dokumen-dokumen yang menjadi persyaratan mengajukan pinjaman. Supaya pihak bank dapat segera memproses pengajuan Anda, pastikan Anda sudah melengkapi semua dokumen yang diminta.

Umumnya, bank akan meminta dokumen seperti KTP, nomor NPWP, KK, dan slip gaji. Jika dokumen Anda lolos seleksi, tentu akan lebih mudah untuk proses berikutnya.

5. Pilih Alur Pengajuan Pinjaman 

Mengajukan kredit renovasi rumah tidak harus datang langsung ke kantor cabang karena sudah banyak bank yang menyediakan layanan online. Jika Anda memiliki kesibukan yang padat, maka akan sangat tepat memilih layanan online. 

Namun jika bank yang Anda pilih tidak menyediakan pengajuan kredit secara online, Anda perlu mendatangi kantor cabang terdekat dengan membawa dokumen lengkap.

6. Riwayat Kredit yang Bagus

Supaya proses pengajuan pinjaman renovasi rumah mudah cair, pastikan Anda mempunyai riwayat kredit yang baik. Jika Anda tidak pernah terlambat membayarkan cicilan atau tidak pernah mengalami kredit macet, maka kemungkinan besar pengajuan Anda akan dikabulkan.

7. Kredit Multiguna

Anda juga bisa memanfaatkan kredit multiguna untuk membiayai renovasi rumah. Sesuai dengan namanya, jenis kredit ini bisa Anda gunakan untuk membiayai berbagai macam kebutuhan.

Untuk mendapatkan pinjaman multiguna, Anda harus mempunyai jaminan seperti sertifikat tanah atau BPKB mobil. Jaminan yang Anda serahkan tentu akan sangat memengaruhi jumlah pinjaman yang akan Anda terima.

Apabila memerlukan dana yang lumayan besar untuk renovasi rumah, sebaiknya Anda menggunakan sertifikat rumah sebagai jaminannya. Sebab, sertifikat rumah nilainya relatif stabil dan lebih tinggi.

Siap Menerapkan Kiat Kredit Renovasi Rumah?

Itulah 7 kiat yang bisa Anda coba ketika akan mengajukan kredit renovasi rumah. Anda wajib mengetahui estimasi biaya yang Anda butuhkan untuk renovasi supaya tidak memberatkan Anda dalam membayar cicilan.

Bagi Anda yang ingin KPR rumah dan tidak ingin repot ketika butuh renovasi, sebaiknya mempercayakan pilihan pada MustikaLand. Sebagai developer yang melayani lebih dari 30 tahun, MustikaLand sangat memahami kebutuhan konsumen. Jadi, Anda bisa mendapatkan KPR dengan harga dan cicilan terjangkau.