MUSTIKALAND.CO.ID - Tips hemat listrik diperlukan untuk mencegah tagihan listrik membengkak setiap bulannya. Listrik memang menjadi salah satu kebutuhan bulanan yang tidak bisa ditunda. Anda membutuhkan listrik untuk menjalani kehidupan sehari-hari, mulai dari menyalakan lampu hingga menyalakan AC.


Meskipun merupakan kebutuhan pokok, tagihan listrik yang membengkak tidak dapat dibiarkan. Pasalnya hal ini dapat mempengaruhi cash flow bulanan Anda. Namun tak perlu khawatir, berikut ini kami rangkum 8 tips hemat listrik yang bisa Anda coba untuk meminimalisir pengeluaran.

1. Matikan Perangkat Elektronik

Tips hemat listrik yang pertama dilakukan dengan mematikan perangkat elektronik seperti TV, AC, dan sejenisnya setelah selesai digunakan. Jangan ragu untuk mencabut kabel daya perangkat tersebut jika tidak lagi dipakai dalam jangka waktu.


Hindari mematikan elektronik dalam mode siaga, karena ini tetap menambah daya listrik yang membuat tagihan menjadi bengkak. Selain itu, cabut juga stop kontak serta charger yang sedang tidak digunakan. Tanpa sadar, kabel yang terpasang membuat listrik semakin boros.

2. Gunakan Perangkat Hemat Listrik

Saat ini banyak produsen elektronik yang menyediakan perangkat hemat energi. Anda bisa memilih berbagai elektronik dengan fitur tersebut untuk menghemat tagihan listrik bulanan Anda. Beberapa perangkat hemat listrik yang umum tersedia di pasaran saat ini antara lain kulkas, mesin cuci, AC, TV, dan kompor listrik.


Baca Juga: 10 Tips Cara Menghemat Listrik di Rumah Paling Efektif

3. Ganti Lampu LED

Berikutnya, cara menghemat energi listrik di rumah bisa dilakukan dengan mengganti lampu biasa dengan lampu LED. Lampu LED memiliki fitur yang hemat energi sehingga tidak membuat token listrik Anda cepat habis. Tak hanya itu, lampu LED juga memiliki cahaya yang lebih terang serta awet digunakan.

4. Gunakan Kipas Angin

Ketimbang menggunakan AC, kipas angin jauh lebih hemat daya. Jika memungkinkan, Anda bisa mengganti AC di kamar Anda dengan kipas angin saja guna menghemat listrik. Perlu diketahui bahwa AC dapat menyedot daya lebih besar sehingga tagihan per bulannya juga lebih mahal.

5. Turunkan Suhu Lemari Es

Siapa sangka jika lemari pendingin yang dibiarkan sangat dingin dapat membuat daya listrik banyak tersedot. Anda bisa mengantisipasinya dengan menurunkan suhu kulkas ketika kulkas sedang kosong. Cek secara berkala suhu lemari es agar isi kulkas tetap segar namun energi yang keluar dapat diminimalisir.

6. Cairkan Es yang Membeku di Freezer

Bunga es yang membeku di dalam freezer juga dapat mengakibatkan tagihan listrik bengkak. Anda bisa mengatasinya dengan mencairkan es yang beku. Saat es dalam freezer tidak cair, maka listrik atau energi yang dibutuhkan tidak terlalu banyak sehingga Anda dapat berhemat.

7. Matikan Lampu di Siang Hari

Tips hemat listrik berikutnya dilakukan dengan mematikan semua lampu pada siang hari. Anda bisa membuka jendela dan pintu agar pencahayaan tetap baik di dalam rumah. Tak hanya menghemat listrik, cara ini juga dapat membuat sirkulasi udara di rumah Anda semakin baik.

Baca Juga: Korsleting Listrik: Pengertian, Penyebab, dan Cara Mengatasinya

8. Minimalisir Penggunaan Mesin Cuci

Selain AC, mesin cuci juga dapat membuat tagihan listrik semakin besar. Jika Anda menggunakan token, Anda perlu membeli token isi ulang berkali-kali jika kerap memakai mesin cuci.


Solusinya, gunakan mesin cuci seminimal mungkin. Jika perlu, hanya gunakan mesin untuk mencuci saja, selebihnya keringkan baju menggunakan di bawah sinar matahari langsung. Cara ini cukup efektif untuk menghemat pengeluaran.


Itulah 8 tips hemat listrik yang bisa Anda coba untuk meminimalisir tagihan. Dengan tagihan yang murah, Anda bisa menggunakan sisa uang untuk keperluan lain yang lebih penting. Dan tentunya, Anda akan memiliki peran besar dalam mengurangi penggunaan listrik untuk anak cucu nanti.
Mari kunjungi proyek kami:


Mustika Village Sukamulya
Desa, Sukamulya, Kec. Sukatani, Bekasi, Jawa Barat 17630

Mustika Village Karawang
Lemahmulya, Kec. Majalaya, Kab. Karawang, Jawa Barat 41371

Mustika Park Place
Jl. Burangkeng, Kec. Setu, Bekasi, Jawa Barat 17320

Selain itu, Anda juga bisa menghubungi nomor 0812-8006-5200 atau email ke [email protected].