Batu Andesit merupakan salah satu batu alam yang banyak difungsikan sebagai material bangunan karena memberikan kesan modern pada desain rumah. Bangunan modern yang menggunakan jenis batu ini sebagai material biasanya ingin memperjelas kesan mewah dan elegan baik untuk interior maupun dinding luar sebagai eksterior.

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai karakteristik Batu Andesit, kita akan bahas terlebih dahulu mengenai apa itu batu andesit dan bagaimana batu ini terbentuk. 


Apa Itu Batu Andesit?

Batu Andesit adalah jenis batuan beku ekstrusif yang berbentuk butiran kristal halus (fine-grained) yang umumnya berwarna abu-abu terang hingga gelap. Batu andesit tercipta dari lava yang mendingin dengan cepat di permukaan dan terdiri dari kristal kecil. Jenis batuan ini memiliki komposisi mineral antara granit dan basal.


Karakteristik Batu Andesit

Batu Andesit merupakan batuan vulkanik yang mirip dengan basal dengan warna yang lebih terang dan mengandung zat besi dan magnesium dibandingkan basal. Batuan ini juga memiliki kandungan kristal yang mencolok. Ciri-ciri tersebut merupakan ciri umum batu Andesit dimana untuk mengetahui karakteristiknya lebih lanjut perlu melakukan penelitian ilmiah.


Baca juga: 10 Desain Pagar Batu Alam Bikin Rumah Terlihat Elegan!


Fungsi dan Kegunaan Batu Andesit

Jenis batuan ini biasanya banyak digunakan sebagai material bangunan dan untuk menambahkan tekstur berbeda pada desain interior bagunan. Karena batu ini termasuk jenis batu yang aman dan tidak mengandung bahan berbahaya, maka banyak juga yang menggunakannya untuk proyek bangunan hijau yang ramah lingkungan. 

Umumnya, kegunaan batu andesit ini adalah untuk desain ubin karena anti slip dan bisa juga digunakan untuk lansekap dan taman. Selain itu, batu andesit juga memiliki berbagai fungsi lain diantaranya: 

  1. Cladding

Cladding dari batu alam seperti batu andesit ini memberikan dimensi dan kedalaman lebih pada suatu ruangan. Tetapi, jika ingin lebih tahan lama bisa menggunakan lapisan sealer pada permukaan batu. Tujuannya, untuk melindungi batu dari keausan dan membuat permukaan tahan lama. 

  1. Meja dan Kitchen Counters

Batu andesit ini juga bisa digunakan sebagai material permukaan meja dan kitchen counters. Batu alam ini memberikan kesan yang unik dan bersahaja pada meja dan dapur Anda. Untuk menciptakan suasana yang berbeda, Anda juga bisa menambahkan bebatuan kecil dan ubin warna-warni. 

  1. Aksesoris

Fungsi lain batu andesit ini adalah sebagai aksesoris untuk hiasan patung dari batu. Panel dari batuan ini digunakan sebagai highlight yang sempurna baik untuk ruang tamu maupun taman. Batuan ini juga bisa digunakan untuk pelapis furnitur yang membuat ruangan Anda lebih terasa nyaman.


Baca juga: Keramik Batu Alam; Pengertian, Jenis, Hingga Motif


Keunggulan Batu Andesit

Batu Andesit ini tidak kalah populer dengan jenis batuan lain seperti marmer sebagai material bangunan. Hal ini karena jenis batu ini memiliki berbagai keunggulan, seperti:

  1. Tahan Lama

Batu Andesit termasuk batu alam yang tahan lama dan kuat di berbagai jenis cuaca dan suhu. Karena itulah batuan jenis ini banyak dipilih sebagai material bangunan maupun sebagai aksesoris. 

  1. Motif Unik

Batu andesit ini juga memiliki motif yang unik dan berbeda dengan jenis batu alam lainnya. Cocok digunakan sebagai pemanis ruangan. 

  1. Kuat 

Selain motifnya yang unik, batu ini juga memiliki sifat alami yang kuat terbukti pada candi purbakala yang masih kokoh meskipun sudah berusia ratusan tahun. Penggunaan batu andesit juga cocok sebagai pondasi bangunan namun dibatasi pada area dinding, bukan pada pondasi bangunan induk.

  1. Bebas Jamur

Keunggulan lain dari batuan ini adalah bebas dari jamur dan lumut ketika terjadi perubahan cuaca. 

Itulah ulasan lengkap mengenai Batu Andesit, karakteristik, fungsi dan keunggulannya. Bagaimana, tertarik menggunakan Batu Andesit untuk material dan aksesoris rumah Anda? Semoga Bermanfaat!