MUSTIKALAND.CO.ID - Sayuran mengandung banyak vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Kedua zat tersebut merupakan zat penting yang berguna untuk menangkal radikal bebas. Radikal bebas sendiri adalah penyebab terjadinya berbagai penyakit dan infeksi.


Selain itu, sayuran juga banyak mengandung serat yang dapat menjaga kesehatan pencernaan, mencegah kegemukan dan meningkatan daya tahan tubuh. Untuk itu, ada baiknya setiap orang mengkonsumsi sayuran setiap hari.


Untuk menghemat waktu, banyak orang yang membeli sayuran dalam jumlah yang banyak untuk kemudian diolah kemudian hari, untuk itu mereka menaruh sayurannya di kulkas. Agar kondisinya tetap baik, mari kita simak cara menyimpan sayuran di kulkas berikut ini.

Cara Menyimpan Sayuran Di Kulkas Agar Tetap Awet

Bagaimana agar sayuran yang Anda simpan di kulkas bisa awet? Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan:

  1. Sortir sayuran terlebih dahulu sebelum disimpan

Sebelum dimasukkan ke kulkas, ada baiknya Anda melakukan sortir sayuran yang telah Anda beli. Karena, meskipun membelinya di supermarket tentunya ada bagian sayuran yang tidak bagus (menguning atau kecoklatan). Anda harus membuang bagian tersebut agar kerusakannya tidak menjalar ke bagian lain.

  1. Cuci dan keringkan sayuran sebelum disimpan

Setelah membeli sayuran, langsung cuci dengan air mengalir dan sabun cuci anti bakteri, agar seluruh bakteri dan kotoran yang menempel lepas dari permukaannya. Bakteri dan kotoran adalah 2 hal yang mempercepat pembusukan. Setelah dicuci, maka keringkan sayuran sebelum dimasukkan ke kulkas.

  1. Bungkus dengan kertas atau plastik berlubang

Jangan masukkan sayuran ke dalam wadah kedap udara, hal ini karena sayuran masih membutuhkan oksigen untuk bertahan hidup. Sebaiknya gunakan plastik atau kertas berlubang untuk membungkusnya. Kertas akan mencegah suhu kulkas menyerap ke dalam sayuran sementara plastik berlubang akan memberi akses aliran udara. Khusus jamur, wajib dibungkus dengan kertas, karena mudah busuk jika dibungkus dalam plastik.

  1. Pisahkan sayuran dan buah-buahan

Anda harus memisahkan sayuran dengan buah-buahan, karena buah dapat menghasilkan zat etilen, yaitu zat yang akan mempercepat kematangan bahan makanan segar, yang pada akhirnya akan mempercepat proses pembusukan pada sayuran. Jika Anda ingin memiliki sayuran yang dapat bertahan selama 3 hari tanpa membusuk, maka pisahkan dengan buah-buahan dalam tempat khusus.

  1. Usahakan menyimpan sayuran dalam bentuk utuh

Jangan menyimpan sayuran dalam bentuk telah dipotong-potong karena akan membuat sayuran kering dan membusuk. Potonglah hanya bagian akar agar sayuran menjadi bersih.


Baca Juga: Kenali Manfaat Sayur Organik Yang Berguna Bagi Kesehatan!

  1. Cek suhu di dalam kulkas dengan teratur

Cara agar aman menyimpan sayuran di kulkas adalah dengan mengecek suhunya. Suhu yang baik untuk menyimpan sayuran adalah 1-4 derajat celcius. Bila suhu lebih tinggi, bakteri akan lebih mudah berkembang pada sayuran sehingga membuat aroma serta rasa sayuran menjadi tidak sedap.

  1. Periksa kondisi dan kualitas sayuran secara berkala

Sayuran yang disimpan dalam lemari es tidak bisa untuk disimpan selama berhari-hari. Sayuran sebaiknya kamu simpan tidak lebih dari 3 hari untuk menjaga kesegarannya. Jika Anda ingin menyimpannya lebih dari 3 hari, maka Anda harus selalu mengecek kondisinya. Buang bagian yang rusak atau menguning agar tidak mengkontaminasi bagian sayuran lainnya.

  1. Tata sayuran sesuai dengan jenisnya di dalam rak

Kulkas pada umumnya memiliki 3 sampai 4 rak penyimpanan. Anda bisa menggunakan rak-rak tersebut untuk menyimpan jenis-jenis sayuran yang berbeda. Misalkan, di rak terbawah untuk sayuran hijau seperti kangkung, sawi dan bayam. Suhu di bawah kulkas cukup stabil untuk sayuran yang mudah busuk. Sementara di rak tengah, simpan sayuran dengan kadar air rendah seperti wortel, buncis dan kacang panjang. Dan di rak paling atas, simpan sayuran dengan kadar air tinggi seperti mentimun, cabai dan paprika. Cara menyimpan ini berguna apabila Anda ingin mengecek keadaan sayuran di kulkas nantinya.

  1. Pahami tidak semua sayuran bisa disimpan di kulkas

Ada beberapa sayuran yang tidak bisa disimpan di kulkas, misalkan tomat. Karena, udara dingin dapat menghambat proses pematangan tomat. Kemudian, daun kemangi. Karena, akan mudah layu dan menjadi tidak segar. Bumbu dapur pun sebaiknya tidak dimasukkan kulkas karena kelembaban kulkas bisa membuat teksturnya menjadi lembek. Lalu kentang, sebaiknya simpan di tempat yang lebih gelap dan dingin agar zat tepungnya terjaga.

  1. Ketahui cara menyimpan sayuran di kulkas dengan wadah 

Menyimpan dalam wadah tentu membuat sayuran menjadi rapi. Namun, ini hanya berlaku untuk sayuran dengan bentuk yang keras seperti brokoli atau wortel. Pertama-tama Anda harus mencuci brokoli atau wortel, kemudian potong di bagian yang akan digunakan. Masukkan di wadah tertutup dan letakkan dalam kulkas.

Cara Menyimpan Sayuran Di Kulkas Agar Tetap Segar

Selain awet, kegunaan menyimpan sayuran di kulkas adalah agar tetap segar. Berikut adalah tips yang bisa dilakukan:

  1. Jaga tingkat kelembaban

Sayur mengandung 90% air. Kandungan air itulah yang harus dijaga agar tahan lama dan tidak busuk. Hal itulah yang harus Anda jaga. Oleh karena itu Anda bisa menyimpan sayuran di dalam plastik berlubang sebelum dimasukkan ke dalam kulkas.

  1. Simpan sayur dalam bentuk utuh

Apabila Anda ingin sayur tetap segar, tidak perlu memotong-motongnya sebelum dimasukkan kulkas. Cukup potong bagian akarnya saja, agar sayur tidak cepat membusuk.

  1. Pastikan kulkas bersih

Kulkas yang bersih tentunya akan membuat sayuran menjadi lebih segar. Jika kulkas kotor, akan membuat kualitas sayur menjadi tidak baik dan cepat membusuk. Oleh karena itu, akan lebih baik jika kulkas Anda rajin dijaga kebersihannya.


Baca Juga: 6 Tanaman Sayur yang Cocok Ditanam di Lahan Sempit

Cara Menyimpan Kangkung Di Kulkas

Kangkung adalah jenis sayuran yang mudah didapatkan dan harganya sangat murah. Kangkung pun menjadi sayuran favorit semua orang sehingga banyak ditemukan dalam rumah tangga. Namun, kangkung termasuk sayuran yang mudah layu dan tidak bertahan lama. Ada beberapa cara agar kangkung tidak mudah layu, yaitu:

  1. Jangan mencuci kangkung

Jika tidak ingin cepat diolah setelah dibeli, sebaiknya jangan mencuci kangkung karena kondisi basah akan membuat kangkung cepat membusuk. Jadi, pastikan menyimpan kangkung di kulkas dalam kondisi kering.

  1. Bungkus dengan kertas

Setelah dibeli, keluarkan kangkung dan ganti bungkusnya dengan kertas. Kertas dapat mengurangi kelembaban kangkung, namun Anda juga harus mengganti kertas jika sudah mulai basah.

  1. Potong akarnya

Hal ini akan membuat kangkung tidak cepat membusuk dan juga bisa menghemat ruang penyimpanan di kulkas.

  1. Simpan di bagian kulkas yang tepat

Simpan kangkung di bagian bawah kulkas karena tidak terkena udara dingin kulkas secara langsung. Namun, bagian bawah kulkas tetap mampu menjaga kesegaran kangkung. 

  1. Simpan di vas bunga

Jika kulkas Anda sedang penuh, solusinya adalah menyimpan kangkung di vas bunga pada suhu ruangan. Dengan menaruh akarnya pada air, akan membuat kesegaran kangkung terjaga.


Baca Juga: 5 Tanaman Buah dalam Pot yang Cepat Berbuah & Cara Merawatnya

Cara Menyimpan Sayuran Di Kulkas Dengan Tupperware

Sayuran yang telah disortir, dibersihkan dan dipotong-potong, bisa Anda tempatkan di dalam wadah sebelum disimpan di kulkas. Namun, Anda harus ingat bahwa sayuran yang bisa disimpan dalam wadah adalah sayuran berwujud keras seperti brokoli atau wortel.


Nah, sebagai sarana penyimpanan Anda bisa tempatkan sayuran dalam tupperware. Selain bentuknya yang kokoh dan bagus, tupperware juga memiliki keragaman warna sehingga membuat tampilan isi kulkas Anda lebih menarik, dan tentunya akan membuat pengalaman menyimpan sayuran di kulkas Anda menjadi menyenangkan.

Apa Manfaat Dari Menyimpan Sayuran di Dalam Kulkas

Pada dasarnya menyimpan sayuran dengan benar ke dalam kulkas akan membawa banyak manfaat. Yang paling utama tentunya menjaga kesegaran dan keamanan saat dikonsumsi. Beberapa sayuran juga disimpan di kulkas untuk mencegah sayuran agar tidak layu dan menjaga kualitasnya.


Menyimpan sayuran di dalam kulkas juga akan menyenangkan bila Anda menyimpannya dalam wadah-wadah yang menarik dan berwarna-warni, karena akan terlihat rapi dan menyenangkan. Bila kulkas rapi dan bersih, tentunya Anda akan lebih semangat untuk menyimpan sayuran dan makanan di dalam kulkas, dan juga memasak akan lebih semangat.

Cara Menyimpan Wortel Di Kulkas

Wortel merupakan sayuran yang tahan lama, namun Anda harus bisa menyimpannya agar wortel tidak cepat busuk. Salah satu cara menyimpannya adalah di dalam kulkas atau freezer. Berikut adalah cara menyimpan wortel di dalam kulkas:

  1. Bersihkan terlebih dahulu

Wortel yang baru dibeli, apalagi dari pasar tradisional, harus dibersihkan terlebih dahulu. Caranya adalah dengan mencucinya dengan air mengalir dan keringkan dengan tisu dapur. Pastikan wortel benar-benar kering sebelum disimpan agar tidak cepat busuk.

  1. Bungkus dengan kertas atau plastik

Sebelum dimasukkan ke dalam kulkas, bungkus wortel dengan kertas atau plastik yang telah dilubangi. Hal ini bertujuan untuk menjaga kelembaban wortel agar tidak cepat busuk.

  1. Rendam dalam wadah berisi air

Merendam wortel dalam air tawar dapat menjaga kesegaran wortel. Namun, Anda harus mengganti air setiap hari agar wortel tidak cepat busuk. Sebelum disimpan, bagian tangkai daun pada wortel juga harus dibuang karena bagian tersebut menyerap kelembaban wortel dan membuat wortel cepat layu.

  1. Bekukan di freezer

Wortel yang sudah dikupas dan dipotong dapat disimpan di dalam freezer. Caranya, wortel harus direbus di air garam kemudian didinginkan dengan air es. Setelah itu, tiriskan wortel sampai benar-benar kering dan simpan dalam plastik dan letakkan di freezer.

Cara Menyimpan Sayur Bayam Di Kulkas

Bayam adalah sayuran yang mudah layu. Untuk itu, Anda harus mengetahui cara terbaik menyimpan bayam di dalam kulkas agar tetap segar. Karena dengan teknik penyimpanan yang baik, bayam dapat bertahan hingga 1 minggu lamanya.


Caranya, setelah membeli bayam dari pasar carilah tempat penyimpanan yang besar dan memiliki tutup yang rapat. Berikan tisu pada dasar wadah untuk menyerap kelembaban yang menempel di permukaan daun bayam. Setelah bayam dimasukkan, tutup dengan tisu lagi dan tutup wadah dengan rapat. Kemudian masukkan ke dalam kulkas.


Agar tidak mudah membusuk, buanglah daun yang mulai terlihat rusak agar tidak merembet ke daun yang lain. Dan jangan pernah mencuci bayam bila Anda tidak ingin langsung mengolahnya, karena mencuci bayam untuk disimpan akan membuatnya mudah busuk.


Baca Juga: Rekomendasi Pupuk Buah Terbaik Agar Tanaman Lebih Produktif

Sayuran Yang Tidak Boleh Disimpan Di Kulkas

Tidak semua sayuran bagus bila disimpan di kulkas. Beberapa malah akan menimbulkan efek buruk pada makanan lain. Selain itu, ada beberapa sayuran yang kandungan nutrisinya bisa hilang bila terkena suhu dingin kulkas. Beberapa sayuran tersebut adalah:

  1. Bawang-bawangan

Menyimpan bawang-bawangan pada kulkas akan merusak tekstur bawang menjadi lembek, kusam dan cepat berjamur. Sebaiknya simpan bawang di tempat kering dengan sirkulasi udara yang baik dan tidak langsung terkena sinar matahari.

  1. Tomat

Suhu dingin kulkas akan membuat tomat menjadi keriput dan menghilangkan kandungan air dan juga menghambat kematangan tomat.

  1. Mentimun

Mentimun adalah sayuran yang sensitif terhadap suhu dingin. Jika harus ditempatkan dalam kulkas, maka taruhlah mentimun di bagian yang tidak terlalu terkena dingin. Cuci dengan bersih, keringkan dan taruh di dalam kantong plastik akan membuat mentimun tahan lama.

  1. Kentang dan Ubi

Udara dingin akan membuat kentang dan ubi menjadi rusak teksturnya, dan membuat rasanya menjadi manis menyengat. Cara terbaik menyimpannya adalah di lemari makanan. 

  1. Labu

Bila dalam keadaan utuh disimpan di kulkas, labu akan menjadi busuk. Bila terpaksa, Anda harus memotongnya terlebih dahulu dan taruh di wadah kedap udara.

  1. Terong

Sayuran ini akan cepat membusuk pula bila disimpan di kulkas. Terong harusnya disimpan di tempat sejuk dan kering.

  1. Daun-daunan

Daun bawang, kemangi, seledri, salam, peterseli dan lainnya bila Anda simpan dalam kulkas, justru akan kehilangan aroma wanginya. Jika terpaksa, Anda harus menyimpannya dalam alumunium foil atau rendam di dalam air.

Itulah yang harus diperhatikan bila Anda ingin menyimpan sayuran di dalam kulkas. Dengan mengetahui mana-mana saja sayuran yang boleh disimpan di dalam kulkas dan mana yang tidak, dan bagaimana cara penyimpanannya, maka sayuran Anda akan selalu awet dan segar sampai saatnya diolah. Selamat mencoba!
Mari kunjungi proyek kami:

Mustika Village Sukamulya
Desa, Sukamulya, Kec. Sukatani, Bekasi, Jawa Barat 17630

Mustika Village Karawang
Lemahmulya, Kec. Majalaya, Kab. Karawang, Jawa Barat 41371

Mustika Park Place
Jl. Burangkeng, Kec. Setu, Bekasi, Jawa Barat 17320

Selain itu, Anda juga bisa menghubungi nomor 0812-8006-5200 atau email ke [email protected].