Resin adalah zat kental yang diubah menjadi polimer kaku yang melalui proses pengawetan. Resin terbuat alami dari tumbuhan, namun saat ini sering dibuat secara sintetis. Resin sintetis memiliki sifat yang hampir mirip dengan resin yang dihasilkan tumbuhan secara alami, akan tetapi banyak yang berbeda. Nah, pada umumnya kita mengenal resin yang bening. Padahal sebenarnya resin memiliki beberapa jenis, lho! Yuk simak jenis-jenis resin dan berbagai manfaatnya.

 

Jenis-jenis Resin

Berikut adalah jenis-jenis resin yang dapat Anda temui, yuk lihat apa saja!

1. Resin Polyester

Kenali 5 Jenis Resin Beserta Kegunaan dan Kisaran Harganya

Nah, jenis yang pertama adalah resin polyester. Resin ini fleksibel dan memiliki ketahanan yang baik terhadap panas, bahan kimia, dan juga api. Selain itu, harganya cukup murah. Kegunaan resin polyester adalah untuk laminasi, alat ski, pancing, pelapis, aksesori dekoratif dan juga botol. Anda dapat membuat dekorasi cantik seperti ini menggunakan resin polyester. 

2. Resin Fenolik


Rosin Resin Fenolik Modifikasi Tk16,Untuk Tinta Cetak Offset - Buy Rosin  Dimodifikasi Phenolic Resin Tk16 Untuk Offset Tinta Cetak,Rosin  Dimodifikasi Phenolic Resin Dengan Gum Rosin Alkylphenol Poliol  Paraformaldehyde,Resin Untuk Web Offset Sheet-fed

Resin ini memiliki sifat yang tahan panas dan benturan, serta memiliki ketahanan yang bagus terhadap korosi dan kelembaban. Anda dengan mudah dapat menggunakan resin jenis ini. Fenolik dapat digunakan untuk kampas rem, komponen listrik, laminasi, perekat semen dan juga cetakan. 

3. Resin Alkyd 

Alkyd Resins

Sifat dari resin alkyd adalah memiliki sifat listrik dan termal yang baik dan mempunyai ketahanan kimia yang baik. Resin  ini dibuat dengan cara memanaskan alkohol polihidrat dan asam polibasa. Alkyd juga cukup murah dan dapat bermanfaat bagi komponen elektronik, isolasi listrik dan juga cat. 

4. Resin Polikarbonat

Special Polycarbonate (PC) Resin Panlite® | Resin & Additives | Products |  TEIJIN Resin & Plastic Processing Business Unit Site

Nah, selanjutnya ada jenis resin polikarbonat. Resin ini memiliki indeks bias tinggi, stabil terhadap dimensi listrik dan termal, pewarnaan dan filtrasi. Anda dapat menggunakan resin polikarbonat ini untuk berbagai macam keperluan seperti penggantian logam, lensa, komponen listrik, maupun film fotografi.


Baca juga: Instalasi Listrik: Syarat, Manfaat, Komponen, & Jenisnya


5. Resin Poliamida

apa resin poliamida?

Resin poliamida ini dikenal juga sebagai nilon, yang memiliki kelebihan titik pelunakan yang sempit jika dibandingkan dengan jenis resin yang lainnya. Oleh karena resin poliamida ini punya banyak kelebihan, maka banyak industri yang menggunakan resin jenis ini. Benda-benda seperti benang bedah, gelang jam, botol menggunakan poliamida.

6. Resin Silikon

China Methyl Mq Silicone Resin (Powder) - China Silicone Resin, Silicoe  Resin Powder

Resin silikon memiliki stabilitas termal dan oksidatif yang baik, fleksibel dan juga tahan terhadap air. Oleh karena struktur jaringan yang tiga dimensi resin silikon ini dapat digunakan untuk karet, dan juga laminasi. 

7. Resin Epoxy

Seni Resin Epoksi Akrilik

Resin epoxy juga disebut poliepoksida, yang memiliki sifat tahan kimia dan panas yang sangat baik. Selain itu, epoxy dapat digunakan untuk perekat, lantai, pelapis, atau juga pelapis permukaan. Tidak hanya itu, resin epoxy juga terkenal untuk pembuatan kerajinan tangan karena sifatnya yang tidak mudah pecah. Nah, dengan resin ini, Anda dapat membuat dekorasi rumah seperti gambar di atas. Sangat cantik bukan?

8. Resin Akrilik 

Basis Gigi Tiruan Lepasan Resin Akrilik – MALIK DENTAL CARE

Resin akrilik memiliki berbagai kegunaan, diantaranya adalah gigi tiruan dalam dunia medis. Dengan sifatnya yang tahan benturan, resin ini juga bermanfaat untuk perekat, pelapis, dan panel struktural maupun dekoratif. 


9. Resin Polyurethane

Jual Resin Polyurethane QMPU 2 Komponen 93 A+B (50 Shore D) - 1 Set (2Kg) -  Kab. Tangerang - Polyurethane Resin Solutions | Tokopedia

Nah, jenis resin yang selanjutnya adalah polyurethane. Resin ini terdiri atas komponen poliol dan isosianat. Polyurethane memiliki keseimbangan perpanjangan dan juga daya keras yang baik. Berguna untuk insulasi, elastomer, perekat, dan juga pelapis busa untuk pakaian. 


Baca juga: 10 Inspirasi Desain Ruang Binatu yang Cocok untuk Rumah Minimalis


Berbagai Produk Menggunakan Resin 

Nah, selanjutnya yuk lihat berbagai barang yang menggunakan resin!

1. Dekorasi Jam Dinding 

Chimique Sol Cs_clear Crystal Clear Epoxy Resin, For Paints & Coatings,  Packaging Size: 6 L, Rs 650/litre | ID: 20595890912

2. Hiasan Huruf

Bouquet Boutique Is A One-Stop Shop For Dreamy Resin Products! - ShaadiWish

3. Pelapis Furnitur 

Epoxy Systems & Composite Products - Resin & Fillers | Casting


Baca juga: 16 Tips Menata Furniture Rumah agar Kediamanmu Terlihat Luas


4. Dekorasi Cantik 

Aksesori Resin Kerang Laut Warna-warni Kustom Aksesori Rumah Swakriya Datar  Resin - Buy Flat Damar Aksesori,Diy Resin Aksesoris,Rumah Resin Product on  Alibaba.com

5. Lampu Tidur 

Epoxy Resin Night Light Is An Amazing Ocean-Themed Build | Hackaday

Itulah ulasan kali ini mengenai jenis-jenis resin dan manfaatnya. Semoga artikel kali ini dapat menambah wawasan Anda mengenai resin. Untuk Anda yang mencari hunian minimalis aman dan nyaman, Mustika Park Place tempatnya!. Yuk, jangan ragu menghubungi kami untuk penawaran promo yang menarik.