Kita harus bangga karena Indonesia memiliki budaya yang kaya, dan cita rasa kuliner yang bervariasi. Nah, salah satunya adalah masakan khas Jawa Timur, yang dikenal pedas dan asin. Bagi Anda yang liburan ke daerah Jawa Timur, tidak ada salahnya untuk mencoba berbagai makanan khas Jawa Timur yang lezat. Pada kali ini, kami telah merangkum berbagai rekomendasi masakan khas Jawa Timur yang jangan sampai Anda lewatkan. Simak yuk!


1. Rawon 

Nasi Rawon

Rekomendasi makanan khas Jawa Timur yang pertama adalah rawon. Kuah khas berwarna hitam ini berasal dari salah satu bahannya, yaitu kluwek. Bahan utamanya antara lain daging sapi yang dipotong-potong kecil, dan dilengkapi dengan tauge, telur asin dan disajikan dengan nasi hangat. Sangat lezat bukan?  Saat ini, sudah banyak bumbu instan rawon yang mudah didapati di pasaran.


2. Bakso Malang 

Bakso dari Malang

Siapa yang tidak mengenal makanan khas Jawa Timur yang satu ini? Ternyata, bakso berkaitan dengan budaya Tionghoa, lho!. Dalam bahasa Hokkien sendiri, bakso berarti ‘daging giling’. Lalu pada akhirnya diadaptasi menjadi makanan khas Jawa Timur. Dengan kerupuk bakso malang yang gurih, pastinya membuat masakan ini semakin lezat!


3. Rujak Cingur 

Makanan Rujak Cingur

Rujak cingur merupakan salah satu makanan khas Surabaya yang jangan sampai Anda lewatkan. Isi rujak cingur terdiri dari hidung sapi yang sudah direbus lama. Yang membuat segar, rujak cingur dilengkapi dengan sayuran, lontong, dan campuran bumbu kacang dan petis yang pastinya menggugah selera. 


Baca juga: 10 Makanan Khas Jawa Barat yang Lezat dan Buat Ketagihan!


4. Nasi Krawu 

Nasi Krawu Gresik

Nasi krawu, yang berasal dari kota Gresik sekilas mirip dengan nasi uduk pada umumnya. Walaupun dikenal dari Gresik, asal muasal masakan ini ternyata dari Madura, lho!. Pada awalnya nasi krawu ini dikenalkan oleh pendatang asal Madura, dan akhirnya menjadi terkenal di Gresik. Nasi krawu disajikan bersama suwiran daging, serundeng, dan telur asin di atas daun pisang. 


5. Lontong Balap

Lontong Balap Kuah

Makanan khas Jawa Timur yang selanjutnya adalah lontong balap. Fakta menariknya, alasan mengapa masakan ini dinamai dengan lontong balap berasal dari wadah gentong yang dipikul oleh para penjualnya. Agar tidak ketinggalan para pembeli, mereka memikul dagangannya dengan setengah berlari. Itulah mengapa lontong ini dinamai ‘lontong balap’. 


Baca juga: 10 Menu Enak & Mudah untuk Dimasak bersama Keluarga


6. Tahu Tek 

Tahu Tek  Surabaya

Jika Anda liburan ke Surabaya, Anda harus banget coba tahu tek ini. Nama dari tahu tek ini diyakini berasal dari suara ‘tek, tek, tek’ yang dihasilkan dari gerobak penjualnya. Disajikan dengan lontong yang dipotong-potong kecil, tahu yang digoreng setengah matang, tauge, telur dan ditambah dengan saus kacang dan petis. Tidak lupa juga ditaburi dengan kerupuk agar lebih nikmat. 


7. Pecel Madiun 

√ Resep Pecel Madiun Asli Jawa Timur yang Enak Lengkap Istimewa

Madiun terkenal dengan pecelnya yang sangat legendaris. Dalam pecel madiun terdapat berbagai sayuran rebus seperti kacang panjang, bayam, dan yang lain sebagainya. Dilengkapi dengan tahu, tempe, rempeyek dan sambal yang membuat makanan ini terasa gurih dan juga pedas. 


8. Sate Madura 

Sate Ayam Madura

Siapa yang tidak mengenal sate Madura? Sate ini dapat Anda temui di mana saja. Pada umumnya sate Madura terbuat dari potongan daging ayam, namun ada juga yang terbuat dari daging kambing. Bumbu sate Madura yang nikmat terbuat dari kacang yang dihaluskan bersama petis dan bawang merah. 


Baca juga: Inilah 14 Makanan Khas Jawa Tengah yang Harus Anda Coba!


9. Lontong Kupang 

Makanan Lontong Kupang

Selanjutnya adalah lontong kupang, yang sangat terkenal di Surabaya. Sidoarjo maupun Pasuruan. Lontong ini terbuat dari kupang putih (semacam hewan laut) yang mirip dengan kerang. Dilengkapi dengan lontong, kuah petis dan perasan jeruk nipis. Selain itu, juga ditambah dengan sate kerang agar tambah nikmat. 


10. Lodho Ayam

Kuliner Lodho Ayam

Nah, rekomendasi makanan khas Jawa Timur yang terakhir ada lodho ayam. Masakan ini berasal dari Tulungagung, Jawa Timur. Ayam ini dimasak dengan cara dibakar setengah matang di atas bara api arang, lalu ditambahkan dengan santan dan bumbu rempah yang membuat masakan ini begitu sedap dan harum. 

Nah, itulah ulasan kali ini mengenai rekomendasi makanan khas Jawa Timur yang harus Anda cicipi. Jika Anda berlibur atau mengunjungi salah satu kota di Jawa Timur, jangan lupa mencoba berbagai hidangan Jawa Timur yang gurih dan pedas. Selamat mencoba, ya!