Jawa Barat adalah provinsi di Indonesia yang mempunyai beragam nilai, budaya, dan tradisi. Provinsi Jawa Barat terkenal dengan  alam yang indah dan sering menjadi kota tujuan wisata di Indonesia. 


Tidak hanya alam yang indah, Jawa Barat mempunyai daya pikat sendiri karena memiliki beraneka ragam makanan khas Jawa barat yang lezat dan pastinya membuat orang-orang selalu kembali memakannya. 


Pada kesempatan ini, kami ingin memberikan informasi seputar makanan khas jawa barat dan daerah asalnya. Simak yuk!

Makanan Khas Jawa Barat

Ada banyak sekali makanan khas Jawa Barat yang patut Anda coba. Berikut ini berbagai makanan khas Jawa Barat yang lezat untuk dinikmati dan pastinya kan membuat Anda ketagihan:

  1. Nasi Jamblang

Nasi Jamblang

Sumber: wikipedia


Anda yang berasal dari Cirebon pastinya mengetahui makanan khas sunda nasi Jamblang. Nasi Jamblang bernama seperti ini karena mengambil nama dari desa yang berada di Cirebon, yaitu Desa Jamblang.


Beda dengan nasi bungkus lainnya, nasi jamblang ini dibungkus oleh daun jati. Lalu, nasi akan dilengkapi oleh berbagai lauk pauk yang disajikan seperti prasmanan. Pada masa pemerintahan Belanda, nasi jamblang awalnya disajikan untuk para pekerja paksa yang bekerja untuk membangun Pos yang berlokasi dari Anyer sampai Panarukan.

  1. Nasi Tutug Oncom

  2. Nasi Tutug OncomSumber: indonesia.go.id


Makanan khas Jawa Barat ini sering disebut dengan tutug oncom. Makanan khas Jawa Barat ini terbuat dari nasi yang dicampur dengan kacang oncom yang telah difermentasi. Kata tutug berasal dari bahasa Sunda yang berarti “dicampur” atau “dihaluskan”. Itu mengapa nasi tutug dicampur dengan oncom tumbuk. Hidangan ini biasanya disajikan dengan berbagai lauk dan daun pisang.


Baca juga
Daftar Referensi Tempat yang Cocok untuk Liburan Keluarga

  1. Pepes Tahu

  2. Pepes TahuSumber: resep.us


Pepes tahu dikukus dan dibumbui dalam daun pisang. Cara membuatnya yaitu tahu dihaluskan, lalu dicampur dengan paprika, terasi, dan daun bawang. Setelah itu, dibungkus daun pisang, dan dikukus. Setelah matang, pepes tahu disajikan dengan nasi.

  1. Rujak Cuka

  2. Rujak CukaSumber: cookpad.com


Rujak khas Jawa Barat ini terbuat dari buah-buahan seperti nanas dan mangga mentah, serta dicampur dengan tauge, kol, mentimun, dan bengkuang. Setelah itu, bahan-bahannya diparut dan dicampur dengan saus asam. Rasa rujak yang asam dan menyegarkan terbuat dari cuka, cabai, dan gula. 

  1. Kupat Tahu

  2. Kupat TahuSumber: cookpad.com


Kupat tahu terdiri dari ketupat yang berisi kue beras dan tahu. Membuat ketupat cukup mudah yaitu dengan digoreng hingga keemasan, kacang digoreng, dan tauge direbus. Lalu, semua bahan dicampur dengan saus kacang. Saus kacang terdiri dari gula merah, bawang putih, cabai, kecap manis, dan air.


Kupat tahu biasa disajikan dengan kecap manis dan saus kacang, supaya makin lezat boleh juga ditambahkan dengan kerupuk udang dan perasan jeruk nipis. Hidangan ini biasa disajikan sebagai sarapan.


6. Empal Gentong

Empal GentongSumber: xresep.co


Empal Gentong berasal dari kota Cirebon. Sup khas Jawa Barat ini dimasak degan menggunakan pot yang terbuat dari tanah liat. Bahan-bahan empal gentong terdiri dari daging sapi, kemiri, bawang merah, bawang putih, kecap, santan, pala, kecap mais, serai, cengkeh, dan jeruk purut 


Empal gentong dibuat dengan daging yang direbus lalu dihancurkan hingga empuk dan hancur. Setelah itu, disajikan dengan hiasan daun bawang untuk memberikan rasa yang gurih.


Baca juga: 
9 Rumah Adat Jawa Lengkap dengan Keunikannya

  1. Cilok

  2. CilokSumber: maggi.id


Siapa yang tidak mengenal cilok yang berbentuk bola kenyal ini. Singkatan dari cilok adalah aci dicolok. Bahan-bahan cilok terbuat dari tepung tapioka, udang kering, daun bawang, dan bawang putih.

Cilok dimasak dengan direbus hingga matang, lalu dapat disajikan dengan kecap manis, saus kacang, sambal, atau sup. Cilok biasa disajikan dengan lidi atau tusuk sate. Hidangan ini biasa dijual oleh pedagang kaki lima. 

  1. Batagor

  2. Batagor

    Sumber: hellosehat.com


Salah satu jajanan yang sering kita lihat di setiap jalan adalah batagor. Batagor terbuat dari pangsit ikan goreng dan disajikan dengan saus kacang. Ikan yang sering digunakan untuk membuat batagor ini adalah ikan tenggiri. Sebagian orang juga membuat batagor dengan menggunakan makarel, ikan tuna, dan udang. 

  1. Nasi Timbel


  2. Nasi TimbelSumber: cookpad.com


Olahan sederhana yang bernama nasi timbel ini terbuat dari nasi berbungkus daun pisang, dikukus hingga empuk. Nasi timbel biasa disajikan dengan berbagai lauk seperti ikan goreng, ayam goreng, tahu, tempe atau sambal. 


Nasi panas yang disajikan menggunakan daun pisan memberikan aroma khas. Mirip dengan lontong, nasi timbel dibuat persis seperti membuat lontong. Nasi timbel adalah salah satu makanan Sunda yang lengkap karena ada lauk, saus terasi dan  sayuran mentah. Nasi timbel terkadang dibakar sampai aroma daun pisang tercium sehingga menciptakan aroma khas.

  1. Karedok

  2. KaredokSumber: wikipedia.org


Makanan khas jawa barat karedok merupakan makanan khas jawa barat yang mudah dibuat. Bahan utama makanan Jawa Barat ini adalah berbagai macam sayuran mentah. Bahan-bahan yang digunakkan yaitu sayuran mentah yang segar dan disajikan dengan saus kacang. Saus karedok menggunakan bawang putih dan terasi. Karena menggunakan bumbu kacang seperti gado-gado, memang sering dibandingkan dengan gado-gado. Namun, kedua makanan tersebut tidak sama karena sayuran yang digunakkan karedok adalah sayuran mentah.


Itulah makanan khas Jawa Barat yang dapat Anda coba di Bekasi dan sekitar Jawa Barat. Pastinya tidak sulit untuk menemukan makanan tersebut dan selamat mencoba ya!