MUSTIKALAND.CO.ID - Sebagai pulau dengan populasi terbanyak di Indonesia, pulau Jawa terdiri dari berbagai macam keunikan, salah satunya rumah adat. Desain, struktur, hingga ukiran unik pada setiap rumah adat seakan tidak lekang oleh waktu. Setiap daerah memiliki rumah adat dan keunikannya masing-masing sehingga sangat menarik untuk mengenal serta menyelaminya lebih dalam. Oleh karena itulah, ulasan kali ini akan membantu Anda mengetahui semua jenis rumah adat dari barat hingga timur khususnya di pulau Jawa. Apa saja keunikan dari masing-masing rumahnya? Berikut ulasan lengkapnya.

Rumah Adat Jawa Barat

Dimulai dari bagian barat pulau Jawa. terdapat berbagai macam rumah adat dari berbagai macam daerah di Jawa Barat. Beberapa diantaranya: 

Rumah Adat Kasepuhan Cirebon

Rumah Adat Kasepuhan Cirebon


Kasepuhan Cirebon merupakan rumah adat Jawa Barat yang paling populer menurut Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI.  Rumah adat yang dibangun oleh Pangeran Cakrabuana pada tahun 1529 silam ini memiliki ruangan yang terbagi menjadi empat bagian yakni Jinem atau Pendopo, Pringgodani, dan Prabayasa menjadi keunikan dari rumah jawa barat yang satu ini.

Baca Juga: Intip 5 Desain Rumah Industrial Low Budget yang Tetap Nyaman

Rumah Adat Tagog Anjing

Rumah Adat Tagog Anjing


Seperti namanya, Tagog Anjing merupakan rumah adat Jawa Barat yang memiliki bentuk atap jogo anjing atau sikap anjing yang tengah duduk. Keunikan dari rumah ini adalah sisi bawahnya yang disangga oleh tiang dan juga atap yang sempit sehingga dapat melindungi penghuninya dari binatang berbahaya serta terik mentari juga hujan.

Rumah Adat Suhunan Jolopong

Rumah Adat Suhunan Jolopong


Rumah adat terakhir yang akan Kami kenalkan adalah Suhunan Jolopong. Rumah adat dari bumi pasundan ini juga dikenal dengan sebutan suhunan panjang. Bentuk rumah yang cukup tua lengkap dengan atap saung atau dangaunya menjadi keunikan dari rumah yang kerap ditemukan di Kecamatan Tomo, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat ini.

Baca Juga: Interior Rumah Kayu: Keunggulan dan Inspirasi Desain Terbaik

Rumah Adat Jawa Tengah

Tidak hanya Jawa Barat, Jawa Tengah pun memiliki rumah adat yang tidak kalah menarik untuk dilihat dan diketahui keunikannya. Beberapa diantaranya yang populer sebagai berikut:

Rumah Adat Jawa Tengah Joglo

Rumah Adat Jawa Tengah Joglo


Rumah adat Jawa Tengah yang paling populer adalah Joglo yang dulunya dikenal sebagai tempat tinggal para bangsawan karena dibuat dari bahan dasar kayu. Keunikannya terletak pada empat tiang utama yang berada di depan rumah dan juga merupakan tipe ideal rumah tradisional jawa yang dilengkapi dengan tiga bagian ruangan utama yakni pertemuan, pentas wayang, dan keluarga.

Rumah Adat Jawa Tengah Limasan

Rumah Adat Jawa Tengah Limasan


Berbeda dengan Rumah Adat Jawa Tengah Joglo, Limasan biasanya terbuat dari bata-bata yang kokoh. Seperti namanya, Rumah Adat Jawa Tengah Limasan ini memiliki atap berbentuk limas mirip dengan rumah adat Sumatera Selatan. Keunikan dari rumah adat ini adalah didesain dengan sederhana tanpa ditambah dengan cat tembok layaknya rumah pada umumnya.

Rumah Adat Tajug

Rumah Adat Tajug


Tajug merupakan rumah adat yang berbeda dari yang lainnya karena tidak boleh dibangun dengan sembarangan. Selain itu, rumah adat yang sangat populer ini bukanlah untuk ditinggali melainkan untuk melaksanakan ibadah. Salah satu contoh rumah adat tajug yang bisa Anda temukan adalah Masjid Agung Demak.

Rumah Adat Jawa Timur

Terakhir, Jawa Timur juga memiliki rumah adat mereka sendiri dengan ciri hingga keunikan yang berbeda dari rumah adat lainnya. Apa saja?

Rumah Adat Joglo Sinom

Rumah Adat Joglo Sinom


Masih ingat dengan Rumah Adat Jawa Tengah Joglo? Salah satu jenis lain dari Joglo yang bisa Anda temukan di Jawa Timur adalah Rumah Adat Joglo Sinom. Keunikannya terletak pada 36 jumlah pilarnya lengkap dengan  4 saka guru yang biasa juga disebut dengan tiang utama. 

Rumah Adat Osing

Rumah Adat Osing


Seperti namanya, Rumah Adat Osing merupakan tempat tinggal bagi Suku Osing. Anda bisa menemukan rumah adat ini di Desa Adat Kemiren, Banyuwangi. Keunikan dari rumah adat yang satu inia dalah susunan rangka empat tiang kayunya yang disusun tanpa menggunakan paku melainkan paju atau pasak pipih.

Baca juga: 13 Tren Warna Terbaru untuk Cat Interior Rumah Minimalis

Rumah Adat Suku Tengger

Rumah Adat Suku Tengger


Suku Tengger, penghuni kawasan Bromo, Kabupaten Probolinggo memiliki tempat tinggal yang dikenal dengan nama Rumah Adat Suku Tengger. Keunikannya terletak pada atap yang runcing, meninggi dan juga bertumpuk. Biasanya dibangun berdekatan satu sama lain dengan tujuan untuk menghalau angin besar yang bisa terjadi kapan saja.

Mengenal rumah adat akan mengingatkan kita kembali bahwa Indonesia memiliki banyak ragam budaya yang sangat menarik untuk diketahui dan ditelusuri lebih mendalam. Itulah beberapa rumah adat yang bisa Anda temukan di Jawa Barat, Jawa Tengah dan juga Jawa Timur. Ada yang dijadikan tempat tinggal hingga beribadah. Selanjutnya, rumah adat dari pulau mana lagi yang ingin Anda ketahui?

Mari kunjungi proyek kami:

Mustika Village Sukamulya
Desa, Sukamulya, Kec. Sukatani, Bekasi, Jawa Barat 17630

Mustika Village Karawang
Lemahmulya, Kec. Majalaya, Kab. Karawang, Jawa Barat 41371

Mustika Park Place
Jl. Burangkeng, Kec. Setu, Bekasi, Jawa Barat 17320

Selain itu, Anda juga bisa menghubungi nomor 0812-8006-5200 atau email ke care@mustikaland.com.