Ikan koi menjadi salah satu pilihan peliharaan ikan air tawar, yang tidak hanya mudah beradaptasi, namun juga jinak dan lembut. Dengan memiliki kolam ikan koi di rumah, pastinya dapat membuat hunian Anda lebih asri dan segar. Anda tertarik untuk memiliki kolam ikan koi di hunian minimalis Anda? Berikut adalah desain yang telah kami rangkum untuk Anda. Yuk simak!


Tips Sebelum Membangun Kolam Ikan Koi

Nah, sebelum Anda memutuskan untuk membuat kolam ikan koi di rumah, ada baiknya Anda memperhatikan beberapa hal, yaitu sebagai berikut:

1. Kedalaman Kolam

Menentukan kedalaman kolam untuk ikan koi Anda sangatlah penting, karena akan berpengaruh pada oksigen dan kemudahan ikan untuk menemukan makanan. Untuk ukuran ikan koi yang besarnya kurang dari 30 centimeter, Anda dapat membuat kolam sedalam 1 meter. Ikan koi dengan besar 30 cm sampai dengan 40 cm, idealnya adalah 1 – 1,5 meter. 

2. Perawatan Kolam Ikan Koi

Nah, sebelum ingin memelihara ikan koi, tentunya Anda harus telaten dalam melakukan perawatan kolam ikan koi. Anda cukup meluangkan beberapa menit setiap minggu untuk memastikan kolam ikan koi Anda terawat. Pastikan Anda melakukan pembersihan kolam secara rutin dan menjaga temperatur yang ideal, air tetap segar setiap harinya. 

3. Tempat Membuat Kolam

Anda dapat membangun kolam ikan koi di ruangan terbuka di dalam rumah, taman belakang rumah, ataupun di depan rumah. Namun, sebelum mempertimbangkan membuat kolam ikan koi, Anda perlu memiliki cukup ruangan untuk membuat kolam. Pastikan kolam ikan Anda terkena cukup sinar matahari, karena pada dasarnya ikan koi membutuhkan setidaknya 2 sampai 3 jam sinar matahari. 


Baca juga: 8 Inspirasi Taman Depan Rumah, Sederhana dan Sejuk!


Inspirasi Model Kolam Ikan Koi yang Cantik 

Setelah mengetahui beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum membuat ikan koi, yuk lihat berbagai inspirasi model kolam ikan koi yang dapat mempercantik hunian Anda. 

1. Kolam Ikan Koi Untuk Taman Kecil

Kolam Ikan Koi Untuk Taman Ukuran Kecil

Untuk Anda yang memiliki ruang taman yang kecil, tidak perlu khawatir karena Anda dapat membuat desain kolam ikan koi seperti ini pada taman Anda. Dengan dekorasi air terjun, dan bunga berwarna-warni dapat membuat kolam ikan koi Anda begitu hidup. Tidak hanya itu, Anda juga dapat menambahkan bunga lili yang mengambang untuk menarik perhatian yang melihatnya.

2. Kolam Ikan Koi yang Luas

Kolam Ikan Koi yang Luas

Bagi Anda yang memiliki taman yang luas, Anda dapat meniru gaya model kolam ikan koi yang ini. Anda dapat menambahkan tanaman di antara bebatuan, yang dapat memberikan kesan alami pada kolam ikan koi Anda.  Dengan luas kolam yang tampak begitu besar, Anda bisa memelihara ikan koi lebih banyak!

3. Kolam Ikan Koi Mewah

Kolam Ikan Koi yang Mewah

Untuk Anda yang ingin memiliki kolam ikan koi dalam rumah, wajib banget tiru desain yang satu ini. Jika dilihat dari jauh, akan terlihat seperti kolam renang indoor, yang membuat desain ini menjadi unik. Dengan tambahan lampu di dalam ruangan, bisa membuat ikan koi di dalam kolam terlihat. Sangat cantik, ya!

4. Kolam Ikan Koi Minimalis Kaca

Kolam Ikan Koi Minimalis Bahan Kaca

Selain itu, Anda juga dapat membuat kolam ikan koi yang terbuat dari kaca lho! Dengan menggunakan kaca, Anda bisa melihat dengan jelas ikan-ikan koi yang menyegarkan mata. Jenis kolam ikan koi ini cocok untuk Anda tempatkan di depan rumah, ataupun di taman belakang. Jangan lupa untuk menambahkan pot tanaman, agar kolam ikan Anda lebih elegan.


Baca juga: 7 Ide Desain Rooftop Garden Minimalis yang Mudah Anda Tiru


5. Kolam Ikan Koi Minimalis

Kolam Ikan Koi Model Minimalis

Untuk Anda yang suka dengan gaya minimalis, wajib banget untuk mencoba desain kolam ikan koi seperti ini. Model kolam ikan ini cocok untuk Anda buat di taman belakang rumah hunian minimalis Anda. Selain itu, tambahkan juga air mancur dalam kolam ikan koi Anda, agar penghuni rumah dapat merasakan kesegaran suara air mancur dalam rumah Anda. 

6. Kolam Ikan Koi Menjadi Pagar

Kolam Ikan Koi Menjadi Pagar Rumah

Belum lama ini, telah viral kolam ikan koi yang dijadikan sebagai pagar rumah. Nah, tidak ada salahnya Anda juga meniru desain kolam ikan koi seperti ini. Dengan membangun kolam ikan depan rumah seperti ini, tidak hanya penghuni rumah yang dapat menikmati kolam, namun tetangga rumah dan orang-orang yang lewat rumah juga dapat menikmati pemandangan ikan koi dalam kolam. Yuk dicoba!

Nah, itulah berbagai model kolam ikan koi yang cantik untuk hunian rumah minimalis Anda. Untuk Anda yang mencari hunian, Mustika Park Place memiliki berbagai rumah minimalis yang pastinya memiliki berbagai fasilitas lengkap. Dengan memiliki rumah minimalis, Anda dapat membangun kolam ikan koi sendiri sesuai dengan impian Anda.