Apa Itu Tanah Aluvial?

Tanah aluvial adalah jenis tanah yang terbentuk dari proses endapan material-material yang terbawa oleh aliran sungai jadi testurnya tergantung pada energi pada aliran-aliran air yang berada di atas permukaan tanah.

Misalnya jika aliran air deras dan cepat maka akan menghasilkan jenis tanah dengan fragmen kerikil dan batu. Namun jika aliran air pembawa material tanah tidak terlalu deras dan cepat, maka fragmen yang akan terbentuk adalah lumpur dan pasir. 

Tanah aluvial bisa dikelompokkan sebagai tanah yang subur karena memiliki banyak nutrisi yang terbawa oleh aliran air yang menyebabkan erosi di bagian hulu hingga bagian hilir sungai. Maka dari itu tanah ini banyak dimanfaatkan oleh para petani sebagai lahan pertanian.


Baca juga: 6 Tanaman Sayur yang Cocok Ditanam di Lahan Sempit


Ciri-Ciri Tanah Aluvial

Untuk membedakan antara tanah aluvial dengan jenis tanah yang lain, kita bisa menggunakan ciri-ciri berikut ini diantaranya ialah:

  • Warna tanah aluvial umumnya adalah kelabu dan ada pula yang berwarna coklat. Tanah aluvial berwarna kelabu biasanya terdapat di daerah persawahan atau perkebunan. Sedangkan tanah aluvial di luar daerah perkebunan, biasanya warnanya cenderung coklat.

  • Memiliki kandungan mineral yang cukup tinggi karena tanah aluvial bersifat mudah menyerap air sehingga dapat mengumpulkan mineral dari air di dalamnya.

  • Ph tanah aluvial cenderung rendah yakni di bawah 6.

  • Umumnya memiliki tekstur liat dan berpasir, kandungan pasirnya bisa mencapai 50%. Namun detail teksturnya bergantung pada tempat endapannya. 

  • Memiliki kandungan fosfor dan kalium yang rendah jika berada di wilayah yang memiliki curah hujan rendah.

  • Bahan utama yang membentuk tanah ini umumnya berupa pasir, kapur, lempung, dan lain-lain.


Baca juga: Resapan Air: Fungsi, Cara Kerja, dan Manfaatnya


Manfaat dan Keunggulan Tanah Aluvial

Tanah aluvial termasuk jenis tanah yang subur maka dari itu banyak yang memanfaatkannya untuk digunakan bercocok tanam. Berikut ini beberapa keunggulan dan manfaat tanah aluvial dibandingkan dengan jenis tanah yang lain.

  1. Cocok sebagai lahan pertanian

Karena termasuk tanah yang memiliki tingkat kesuburan yang baik maka jenis tanah ini sangat cocok jika dimanfaatkan sebagai lahan pertanian. Anda bisa menggunakan jenis tanah ini untuk ditanami palawija dan padi. Namun hal ini juga bergantung pada material tanah yang berada pada aliran sungai.

  1. Mempermudahkan proses irigasi

Tanah aluvial umumnya berada di pinggir dan aliran sungai, maka bisa dimanfaatkan oleh petani dalam proses membuat irigrasi untuk pengairan sawah atau tanamannya yang di tanam di sekitar pinggir sungai. 

  1. Mudah Menyerap Air

Karena tergolong jenis tanah yang mudah menyerap air maka menyebabkan tanah ini mengandung banyak mineral dan kandungan air yang bisa digunakan sebagai cadangan saat menjelang musim kemarau bagi tanaman.

  1. Tanah Yang Mudah Diolah

Tanah aluvial ini termasuk tanah yang mudah diolah sebagai lahan pertanian maupun untuk bercocok tanam. Meskipun ada juga jenis aluvial yang mempunyai endapan batuan besar, namun secara umum aluvial tergolong mudah untuk diolah. 

Nah, itulah sedikit ulasan mengenai tanah aluvial, ciri-ciri, keunggulan dan pemanfaatannya. Semoga bermanfaat!