Untuk mempercantik dan membuat rumah Anda tampak mewah, Anda dapat menggunakan berbagai warna cat kayu. Namun, tentunya Anda perlu memilih warna cat untuk kayu di rumah Anda. Berikut adalah inspirasi warna cat kayu yang bagus untuk rumah Anda. Yuk simak apa saja!


Manfaat Cat Kayu 

Berikut merupakan berbagai manfaat cat kayu untuk rumah Anda, yaitu sebagai berikut:

1. Untuk Melindungi Kayu 

Kayu yang tidak dilakukan finishing cat kayu, tentunya akan lebih mudah terkena goresan dan akan berubah teksturnya dalam jangka waktu yang lama. Nah, dengan cat kayu yang tepat, kayu dapat terlindungi dari berbagai hama, rayap dan juga cuaca. Oleh karena itu, pastikan Anda merawat furnitur kayu Anda agar tetap awet.

2. Mengontrol Kadar Air Kayu

Kayu memiliki kadar air yang mempengaruhi stabilitas. Dengan cat kayu, maka furnitur kayu dapat mencegah kelembaban dari luar dan juga menghindari uap air di dalam kayu menguap secara berlebihan. Dengan begitu, kayu furniture Anda tidak mudah berubah bentuk. 

3. Furnitur Lebih Mudah Dibersihkan 

Perhatikan sebelum furnitur dilapisi cat kayu dan sesudahnya, lebih terasa halus kan setelah dicat kayu? Inilah manfaat dari menggunakan cat kayu. Selain akan terasa lebih halus, furnitur kayu akan lebih mudah dibersihkan dengan menggunakan lap. 

4. Furnitur Lebih Cantik dan Mengkilap

Dengan penambahan cat kayu pada berbagai furnitur Anda, tentunya akan lebih terlihat cantik dan juga mengkilap. Berbagai merk cat kayu yang berkualitas dapat Anda temukan di pasaran. Beda jika kayu tidak diberi tambahan cat kayu, kayu akan mudah berkarat dan berubah warna karena pengaruh oksidasi. 


Baca juga: 11 Desain Interior Rumah Minimalis yang Cocok untuk Budget Minim 


Inspirasi Warna Cat Kayu 

Nah, setelah mengetahui berbagai manfaat dari cat kayu untuk berbagai furnitur, berikut adalah inspirasi warna-warna cat kayu yang dapat Anda tiru. Yuk simak!

1. Gaya Scandinavian 

Warna Gaya Scandinavian

Untuk Anda yang suka dengan gaya Scandinavian, Anda harus banget meniru warna cat kayu yang netral seperti ini. Anda dapat mengkombinasikan warna putih dan juga abu-abu untuk menciptakan kesan yang hangat pada ruangan Anda. Selamat mencoba ya!

2. Palet Warna Biru 

Palet Warna Cat Biru

Biru juga merupakan warna cat kayu yang bagus untuk furnitur Anda di rumah. Dengan perpaduan warna biru tua, dan biru terang tentunya membuat ruangan dapur seperti ini menjadi segar dan Anda pasti makin betah lama-lama berada di dapur. Jangan lupa menambah berbagai dekorasi dengan warna yang senada agar ruangan Anda semakin cantik.

3. Warna Walnut

Warna Cat Walnut

Nah, selanjutnya ada cat warna kayu walnut yang cocok untuk beragam jenis kayu seperti kayu jati, kayu mindi, kayu mangga, kayu mahoni dan kayu pinus. Warna coklat yang gelap ini dapat Anda padukan dengan cat dinding ruangan berwarna netral terang seperti putih. 

4. Warna Putih

Cat Warna Putih

Warna putih akan selalu cocok dipadukan dengan warna apapun. Oleh karena itu, furnitur kayu dengan warna putih selalu menjadi primadona. Jika Anda menyukai ruangan dengan gaya minimalis, warna cat kayu putih sangat direkomendasikan untuk Anda!. Pastikan Anda memilih cat kayu dengan kualitas terbaik agar warna cat tidak mudah pudar. 


Baca juga: 10 Rekomendasi Warna Cat Dapur Estetik


5. Warna Papua Rose

Cat Kayu -Warna Papua Rose

Nah, selanjutnya ada warna papua rose yang cocok untuk digunakan pada kayu jati. Warna ini dapat Anda gunakan pada cat pintu kayu maupun ataupun untuk kusen Anda di rumah. Selamat mencoba, ya!

6. Cat Kayu Transparan 

Cat Kayu Warna Transparan

Dengan finishing cat kayu yang transparan, tentunya dapat membuat furnitur Anda terlihat cantik dan natural. Pada umumnya, Anda dapat menggunakan cat ini untuk beberapa jenis kayu seperti kayu jati, kayu kelapa, kayu merbau, ataupun kayu mahoni. Berbeda dengan jenis cat kayu yang lain, cat kayu yang transparan ini tidak berbahaya karena diformulasikan dari air dan bahan kimia yang tidak berbahaya. 


Itulah pembahasan kali ini mengenai inspirasi warna cat kayu yang dapat Anda tiru untuk rumah minimalis Anda. Mustika Park Place, sebagai salah satu proyek MustikaLand, menawarkan berbagai hunian minimalis dengan fasilitas yang lengkap. Sekarang saatnya punya rumah untuk keluarga tercinta Anda!