Keindahan bunga sering dimanfaatkan untuk banyak hal seperti penghias taman, dekorasi rumah, hiasan gantung, buket hadiah, dan lain sebagainya. Ada banyak macam-macam bunga yang bisa ditemukan di dunia ini, tapi bunga apa ya yang kira-kira sesuai dengan selera Anda dan dapat digunakkan untuk dekorasi? Yuk simak informasi seputar macam-macam bunga dan gambarnya lewat artikel berikut ini.

 

Kenali Macam-macam Bunga

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa, bunga sering digunakan untuk berbagai hal, seperti bunga hias, bunga gantung, bunga taman, kembang untuk buket, dan lain-lainnya. Namun, apakah semua jenis bunga bisa dipakai untuk hal-hal tersebut? Agar tidak salah pilih, yuk simak bunga apa saja yang cocok untuk kebutuhan Anda berikut ini!

 

  1. Bunga Hias

Untuk mendapatkan tampilan rumah yang lebih estetis, banyak orang yang menambahkan bunga hias sebagai aksesori hunian. Sebelum memilih bunga hias, Anda juga harus memperhatikan konsep, desain, dan lokasi dari hunian, sehingga nantinya bunga yang diinginkan menyatu dan membuat tampilah rumah lebih menarik. Beberapa rekomendasi bunga hias diantaranya adalah bunga sepatu, lavender, anggrek, teratai, mawar, tulip, melati, krisan putih, adenium, dan lain-lain.

 

  1. Bunga Gantung

Sedangkan untuk hiasan gantung, beberapa pilihannya antara lain bunga petunia, zygocactus, begonia, marigold, japanese wisteria, tapak dara, anggrek, lantana, dan lain-lain. 

 

  1. Bunga untuk Buket

Lalu bagaimana dengan bunga buket? Jenis bunga apa saja yang kira-kira cocok? Opsinya pun beragam, Anda bisa memilih bunga mawar, lili, tulip, krisan, daisy, gerbera, dan lain-lain.

   

  1. Bunga Taman

Bagi Anda yang sedang bingung dengan jenis bunga yang ingin di tanam di taman rumah, ada beberapa alternatif bunga yang cocok untuk dipilih. Pilihan bunga tersebut antara lain lili, fuschia, sepatu, hoya, zycogactus, ekor kucing, amarilis, marigold, atau bunga matahari.

 

Baca juga: 10 Jenis Tanaman Vertical Garden, Bikin Rumah jadi Estetis

 

Nama Bunga Khas Indonesia

Tahukah Anda bahwa Indonesia memiliki banyak koleksi bunga yang sangat indah. Bahkan bunga-bunga tersebut tersebar di seluruh penjuru Nusantara. Mau tahu bunga apa saja yang berasal dari Indonesia? Ini dia daftarnya:

  • Bunga Jeumpa dari Aceh

  • Kenanga dari Sumatera Utara

  • Bunga Asar dari Lampung

  • Salak Condet dari Jakarta

  • Gandaria dari Jawa Barat

  • Kantil dari Jawa Tengah

  • Kepel dari Yogyakarta

  • Sedap malam dari Jawa Timur

  • Kasturi dari Kalimantan Selatan

  • Cendana dari NTT

  • Dan lain-lain

 

Nama-nama Bunga Langka

Selain memiliki nama bunga unik, ada beberapa jenis bunga yang tergolong langka lho! Berbagai macam bunga langka yang ada di dunia antara lain, bunga raflesia, ghost orchid, chocolate cosmos, middlemist red, bunga bangkai, gibraltar campion, dan jade vine.

 

Bunga Terindah di Dunia

Berbicara tentang bunga terindah di dunia, semua orang pastinya punya jawaban yang berbeda-beda. Namun mayoritas penduduk dunia tak akan menyangkal bahwa deretan bunga ini dianggap yang paling indah di dunia. Mereka adalah bunga sakura, mawar, tulip. Matahari, lili kuning, dan juga iris.

 

Baca juga: 6 Ide Penataan Taman Untuk Rumah Minimalis

 

Bunga Tercantik di Indonesia

Lalu bagaimana dengan di Indonesia sendiri? Bunga apa saja yang mendapat predikat bunga tercantik di tanah air? Jawabannya adalah bunga anggrek. Walaupun butuh waktu lama untuk bunga ini bisa mekar, tapi banyak orang yang menyukainya bahkan menganggap anggrek sebagai bunga paling cantik di Indonesia. 

Walaupun bukan merupakan bunga berwarna merah, tapi anggrek punya warna-warna lain yang tak kalah menarik. Bunga anggrek bahkan mendapat sebutan sebagai puspa pesona.

Demikian ulasan singkat tentang macam-macam bunga yang menarik untuk Anda tahu. Semoga informasi di atas bermanfaat dan menambah wawasan Anda semua ya!