MUSTIKALAND.CO.ID - Ada banyak tips yang bisa Anda lakukan sebelum merenovasi rumah. Mulai dari menentukan konsep, memilih material bangunan hingga besaran biaya yang akan digunakan untuk merenovasi rumah. Merencanakan renovasi rumah sebagai tempat tinggal memerlukan banyak pertimbangan matang di sejumlah aspek. Pertimbangan tersebut perlu dilakukan supaya tahap proses renovasi rumah dapat berjalan lancar. Berikut ini tips renovasi rumha untuk Anda perimbangkan sebelum melakukan renovasi :

Menentukan Konsep

Menentukan Konsep

Tips renovasi rumah pertama yang bisa Anda lakukan adalah menentukan konsep. Dengan adanya konsep, pekerjaan renovasi rumah Anda akan berjalan sesuai dengan apa yang Anda inginkan. Hal ini selain menguntungkan Anda, konsep ini juga akan memudahkan pekerja melakukan pekerjaannya.

Konsep dalam renovasi rumah biasanya mencakup masalah desain, penggunaan kembali material lama hingga menentukan bagian rumah mana saja yang hendak direnovasi. Jika hendak menggunakan material lama, pastikan proses pembongkaran dilakukan dengan hati-hati, jangan sampai material tersebut rusak dan tidak dapat digunakan kembali. Jika tidak, tentu saja anggaran yang sudah Anda siapkan akan membengkak.

Rencanakan Anggaran 

Rencanakan Anggaran

Setelah urusan konsep selesai, langkah selanjutnya yang perlu Anda pikirkan adalah soal anggaran. Dalam melakukan renovasi, Anda tentu perlu membuat perencanaan terhadap anggaran yang akan Anda gunakan. Anggaran termasuk bagian yang sangat krusial dari sebuah proses renovasi, karena berhubungan dengan biaya yang akan Anda keluarkan selama proses renovasi berjalan.

Perencanaan anggaran perlu dilakukan agar Anda mengetahui besaran biaya yang akan Anda  keluarkan saat renovasi nantinya. Renovasi yang berjalan tanpa ada acuan anggaran yang jelas hanya akan membuat Anda stres.

Menentukan Bahan Bangunan

Menentukan Bahan Bangunan

Jika biaya yang Anda anggarkan untuk renovasi rumah terbatas, carilah bahan material dengan harga lebih murah dan memiliki kualitas menengah. Pasalnya, selian biaya tukang pengeluaran termahal saat renovasi rumah terdapat pada bahan material. Namun, jika terdapat bagian dalam renovasi rumah yang terlalu beresiko jika menggunakan material murah karena berhubungan dengan kualitas dan keamanan.

Contohnya pipa air yang harus ditanam, rangka atap maupun struktur bangunan. Maka jangan ragu untuk menggunakannya. Bisa Anda bayangkan jika bagian tersebut mengalami kebocoran bahkan sampai rusak. Tentu uang yang Anda keluarkan akan jauh lebih besar karena Anda harus melakukan pembongkaran.

Menentukan Tenaga Ahli

Menentukan Tenaga Ahli

Setelah Anda menentukan konsep, membuat anggaran dan menentukan bahan material. langkah selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah mencari, memilih dan menentukan pekerja. Dalam mencari dan memilih pekerja, Anda bisa menyesuaikan nya dengan anggaran yang Anda miliki. Jika anggaran Anda mencukupi, namun Anda tidak punya waktu untuk mengawasi tukang Anda bisa menggunakan jasa renovasi rumah profesional.

Tanyakan kepada mereka terkait desain, perkiraan biaya renovasi rumah dan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan renovasi. Biaya ini tentunya sangat bervariasi tergantung renovasi yang dilakukan. Biaya renovasi rumah menjadi 2 lantai tentu berbeda dengan renovasi rumah sederhana. Pun begitu dengan biaya untuk renovasi rumah minimalis.

Namun, jika anggaran Anda terbatas Anda bisa memilih menggunakan jasa tukang. Jika Anda sudah memastikan akan melakukan renovasi tanpa jasa pemborong profesional (kontraktor) dan memilih menggunakan jasa tukang. Selanjutnya tentukan terkait skema pembayaran tenaga kerja. Umumnya, sistem pembayaran tukang terbagi dalam dua cara yaitu harian dan borongan. Pilihlah cara pembayaran yang sesuai dengan keuangan Anda.

Pilih Waktu Renovasi yang Tepat

Pilih Waktu Renovasi yang Tepat

Pemilihan waktu pengerjaan menjadi tips renovasi rumah berikutnya. Sebaiknya jangan melakukan renovasi saat musim hujan tiba. Sebab pada musim tersebut ada banyak kendala dan kesulitan yang akan dihadapi tenaga ahli (tukang/kontraktor). Bukan hanya itu, material pada bagian luar dan masih dalam tahap renovasi menjadi lebih sulit untuk kering. Bahkan hal tersebut menyebabkan bagian tersebut mudah mengalami kerusakan.

Melakukan Renovasi Secara Bertahap

Melakukan Renovasi Secara Bertahap

Renovasi dalam skala besar terkadang mengharuskan Anda mengungsi ke tempat lain, terlebih jika rumah Anda kecil dan sempit. Jika hal ini terjadi, berarti Anda perlu mengeluarkan biaya untuk menyewa tempat tinggal sementara. Agar hemat biaya ada baiknya melakukan renovasi secara bertahap.

Misalnya, Anda bisa merenovasi bagian dapur dalam rumah terlebih dahulu. Kemudian dilanjutkan dengan melakukan renovasi pada ruang tamu, taman belakang dan bagian lainnya. Dengan begini Anda tidak perlu menyewa tempat tinggal diluar.

Kerjasama

Kerjasama

Sebagaimana Anda ketahui, merenovasi sebuah rumah pasti membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Bahkan tidak jarang terjadi pembengkakan biaya dari anggaran yang sudah ditetapkan. Jika Anda tidak hati-hati hal ini bisa membuat Anda stres dan tertekan. Sebelum Anda mengalami hal tersebut, pastikan Anda tidak memikirkan seorang diri melainkan melibatkan pasangan atau keluarga. Dengan bekerjasama, Anda bisa saling berbagi ide, pendapat dan jalan keluar saat terjadi masalah dalam proses renovasi.

Nah itulah informasi tentang tips renovasi rumah yang bisa Anda jadikan pertimbangan sebelum melakukan renovasi. Tips ini perlu Anda terapkan agar kegiatan renovasi berjalan dengan lancar sesuai dengan keinginan Anda.

Mari kunjungi proyek kami:

Mustika Village Sukamulya
Desa, Sukamulya, Kec. Sukatani, Bekasi, Jawa Barat 17630

Mustika Village Karawang
Lemahmulya, Kec. Majalaya, Kab. Karawang, Jawa Barat 41371

Mustika Park Place
Jl. Burangkeng, Kec. Setu, Bekasi, Jawa Barat 17320

Selain itu, Anda juga bisa menghubungi nomor 0812-8006-5200 atau email ke care@mustikaland.com.