MUSTIKALAND.CO.ID - WC atau toilet yang mampet tentunya sangat menyebalkan dan akan membuat hari Anda menjadi panik dan menyebalkan. Karena WC yang mampet akan membuat kotoran yang seharusnya terbuang ke septic tank menjadi tidak bisa masuk ke dalam dan akan membuat kamar mandi menjadi berbau tidak sedap, dan juga tidak elok dipandang mata. Hal ini tentunya juga akan mengganggu kenyamanan Anda sekeluarga.


Penyebab WC mampet bisa terbagi menjadi 2, yang pertama adalah karena septic tank penuh, yang kedua karena ada benda-benda asing yang dibuang ke dalam WC, sehingga menyebabkan penyumbatan. Padahal, WC dikhususkan untuk menjadi saluran buang kotoran dari tubuh manusia yang langsung menuju septic tank. Jika ada benda asing yang juga dibuang pada saluran itu, tentunya akan membuat WC menjadi mampet.


Sebenarnya, cara untuk mengatasi WC mampet sangat mudah, yaitu Anda hanya perlu memanggil jasa sedot WC. Namun, tidak semua orang bisa melakukan hal tersebut khususnya bila terbentur biaya. Untuk itu, Anda perlu mengetahui cara alternatif untuk mengatasi WC mampet, agar tidak perlu memanggil jasa sedot WC.


Selain dengan memanggil jasa sedot WC, Anda bisa mencoba beberapa cara di bawah ini. Mari kita simak!

Cara Mengatasi WC Mampet Dengan Soda Api

Soda api ternyata bisa untuk mengatasi WC mampet. Caranya mudah, Anda hanya perlu menuangkan 1 cangkir soda api ke dalam WC. Setelah itu, tunggu sampai soda api mengendap terlebih dahulu. Setelah itu, tuangkan 2 cangkir cuka ke dalam WC. Diamkan selama 1 jam, lalu siram atau flush WC Anda dengan air.

Cara Mengatasi WC Mampet Karena Benda Keras

Selain tisu, pembalut, dan lain-lain, kadang juga benda keras bisa membuat WC mampet. Benda keras yang dimaksud diantaranya adalah mainan anak-anak dan lain sebagainya. Tentunya benda keras ini harus dikeluarkan agar WC bisa berfungsi kembali dan tidak menjadi bencana di rumah. Ada beberapa tips dan cara untuk mengatasinya, diantaranya:

  1. Menggunakan kawat hanger atau gantungan baju

Untuk mengambil benda keras yang menyumbat WC, Anda bisa menggunakan kawat gantungan baju atau hanger untuk menarik benda tersebut keluar. Apabila sumbatannya disebabkan oleh bahan organik, Anda bisa menggunakan alat sedot biasa untuk membersihkan kotoran yang menyumbat tersebut.

  1. Jangan siram WC hingga beberapa kali

Kalau sudah tersumbat, sebaiknya jangan siram WC beberapa kali karena cara itu tidak akan berhasil melepaskan sumbatannya. Yang terjadi malahan air akan meluap dan malah mengotori kamar mandi Anda.

  1. Tarik sumbatan benda keras secara perlahan tanpa merusak material WC

Sebaiknya Anda menarik sumbatan berupa benda keras di WC Anda secara perlahan agar tidak merusak material WC Anda sehingga nantinya Anda harus mengeluarkan biaya ekstra untuk perbaikan. Selain itu, usahakan agar tidak mendorong terlalu keras sebab bisa membuat benda keras tersebut masuk lebih dalam ke saluran pembuangan.

  1. Gunakan masker dan sarung tangan

Jangan lupa untuk menggunakan masker dan sarung tangan selama Anda membersihkan WC untuk menjaga kebersihan. Selain itu, Anda akan lebih nyaman mengerjakannya karena tidak perlu mencium bau-bau yang tidak sedap.

Cara Mengatasi WC Mampet Dengan Soda Api dan Cuka

Seperti telah dijelaskan diatas, cuka pun dapat dijadikan sebagai alat untuk mengatasi WC mampet. Cuka dapat dipadukan dengan soda api agar saluran WC dapat lancar kembali. Caranya sama seperti diatas, tuangkan cuka setelah soda api dibiarkan mengendap, dan kemudian siram atau flush WC dengan air.


Baca Juga: 5 Cara Membersihkan Kerak Kamar Mandi yang Membandel

Cara Mengatasi WC Mampet Karena Pembalut

Semua objek atau benda asing seharusnya tidak boleh dibuang ke dalam WC, seperti halnya tisu, alat kontrasepsi, kapas atau pembalut. Untuk tisu, apabila dalam kemasannya tidak disebutkan “flushable”, artinya tisu tersebut tidak bisa terurai dengan air, oleh karena itu jangan pernah dibuang ke dalam WC. Anda harus menjauhkan benda-benda itu dari WC agar tidak menimbulkan mampet.


Hampir semua pembalut pun tidak bisa terurai dengan air. Untuk itu, satu-satunya cara untuk mengatasi WC mampet karena pembalut adalah dengan membebaskannya dari penyumbat. Jika pembalut masih berada dalam leher angsa WC, Anda bisa menariknya keluar. Segera setelah Anda mengetahui bahwa pembalut yang menyebabkan WC tersumbat, maka lakukan hal berikut:


  1. Sebagian besar leher angsa WC bervolume tidak lebih dari 2 liter. Tuangkan air sebanyak 2 gayung ukuran sedang ke dalam mangkuk WC.

  2. Periksa ketinggian air. Jika melebihi batas normal, maka kemungkinan pembalut masih berada di leher angsa WC.

  3. Ambil gantungan baju atau hanger yang lentur dan memiliki pengait di ujungnya, dan rogoh ke dalam leher angsa WC. Lakukan dengan hati-hati agar tidak malah mendorong pembalut jauh ke dalam.

  4. Kait pembalut dan tarik hingga keluar.


Hal ini berbeda jika pembalut sudah melampaui leher angsa WC dan berada di pipa saluran pembuangan menuju septic tank. Anda bisa mendorongnya hingga jatuh ke septic tank menggunakan tongkat pemompa berujung mangkuk karet, caranya:


  1. Tuangkan air ke dalam lubang WC sampai permukaan air sedikit melebihi batas ketinggian normal. Artinya, ruang antara penyumbat dan lubang WC terisi air penuh.

  2. Telungkupkan mangkuk karet tongkat pemompa di atas lubang WC, lalu gerakkan tongkat naik turun dengan tetap mempertahankan mangkuk karet di atas lubang WC.​​

  3. Tambahkan air jika mulai surut, lakukan hingga saluran lancar kembali.


    Baca Juga: Elegan! 11 Model Keramik Ini Bakal Bikin Bersemangat Mandi

Cara Mengatasi WC Mampet Dengan Sabun Cuci Piring

Sabun cuci piring yang biasa kita pakai sehari-hari ternyata juga bisa digunakan untuk mengatasi WC mampet. Hal yang perlu Anda siapkan adalah sabun cuci piring, ember, gayung dan air panas. Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Tuangkan sabun cuci piring ke dalam toilet

Pertama-tama, tuangkan sabun cuci piring yang Anda siapkan ke dalam WC sebanyak 300 ml kemudian diamkan hingga kurang lebih 20 menit, agar kotoran yang mengendap di saluran pembuangan menjadi hancur.

  1. Masukan air panas

Setelah WC diberikan sabun cuci piring dan telah didiamkan selama 20 menit, langkah selanjutnya adalah menuangkan 2-3 liter air panas secara perlahan dan tunggu beberapa saat.

  1. Bilas WC

Setelah disiram air panas tunggulah beberapa saat dan langkah selanjutnya adalah membilas WC sampai bersih dengan air biasa. Hal ini bertujuan untuk melarutkan sabun cuci piring dengan air panas dan juga kotoran yang menyumbat.


Perlu Anda ketahui bahwa cara-cara diatas adalah cara mengatasi WC yang mampet atau tersumbat, bukan cara untuk mengatasi WC yang penuh. Jika yang terjadi adalah WC yang penuh (dimana septic tank sudah tidak bisa menampung kotoran lagi), maka cara yang paling terbaik adalah memanggil jasa sedot WC. Semoga bermanfaat!

Mari kunjungi proyek kami:

Mustika Village Sukamulya
Desa, Sukamulya, Kec. Sukatani, Bekasi, Jawa Barat 17630

Mustika Village Karawang
Lemahmulya, Kec. Majalaya, Kab. Karawang, Jawa Barat 41371

Mustika Park Place
Jl. Burangkeng, Kec. Setu, Bekasi, Jawa Barat 17320

Selain itu, Anda juga bisa menghubungi nomor 0812-8006-5200 atau email ke [email protected].