MUSTIKALAND.CO.ID - Merasa sulit untuk mengecilkan paha? Sudah melakukan ini dan itu, tetapi paha tidak juga menyusut. Nah, kamu tidak perlu khawatir. Berikut kami berikan cara mengecilkan paha yang efektif bisa kamu lakukan. Simak ulasannya di bawah ini.

  1. Squat

Squat merupakan salah satu cara mengecilkan paha dan pinggul dan dapat melatih otot pada bagian bawah. Cara melakukan squat adalah dengan berdiri, kemudian posisi kaki terbuka selebar bahu, dan tangan diposisikan lurus ke depan. Selanjutnya, turunkan pantat Anda mendekati lantai dan tahan pada posisi tersebut selama 15 hingga 30 detik dan ulangi cara tersebut hingga 10 kali. 

  1. Lunges

Ingin tahu cara mengecilkan paha dalam 3 hari? Maka lakukan gerakan lunges. Caranya dengan Anda dalam posisi berdiri tegak, kemudian satu kaki ke arah depan dengan menekuk lutut serendah mungkin, dengan begitu lutut Anda yang satunya dapat menyentuh lantai. 


Ulangi gerakan tersebut hingga 10 kali dan lakukan gerakan dengan mengubah posisi kaki yang satunya juga.

  1. Supine inner thigh lift 

Cara mengecilkan paha sebelum tidur yang bisa Anda lakukan adalah dengan supine inner thigh lift. Gerakan ini berfokus untuk membakar lemak pada bagian paha dalam. 


Cara melakukan gerakan ini adalah dengan membaringkan tubuh Anda dengan kedua tangan di sisi tubuh, kemudian angkat kaki lurus ke arah atas, setelah itu buka kaki Anda ke kanan dan kembali lagi ke tengah. Ulangi cara ini hingga 15 kali pada setiap kaki. 


Baca Juga: 7 Gerakan Olahraga yang Ampuh Mengecilkan Perut Buncit

  1. Gerakan Fire Hydrant

Gerakan fire hydrant merupakan olahraga mengecilkan paha yang dilakukan dengan posisi merangkak. 

Caranya adalah dengan lutut dan tangan terbuka hingga selebar bahu, kemudian luruskan satu kaki Anda ke arah belakang dan pastikan pinggul tetap pada posisi sedia kala. Setelah itu, tahan gerakan ini selama beberapa detik. Ulangi gerakan fire hydrant hingga 15 kali.

  1. Reverse Crunches

Cara mengecilkan paha dan perut sebelum tidur ialah dengan melakukan reverse crunches. Anda bisa melakukan gerakan ini sambil tiduran. Caranya adalah dengan telentangkan tubuh Anda dengan tangan di sisi tubuh, kemudian angkat kedua kaki secara perlahan dengan menggunakan kekuatan perut agar dapat menopang, setelah itu angkat kaki dan jari-jari kaki hingga menyentuh kepala tempat tidur. Ulangi gerakan tersebut hingga 10 kali. 

  1. Leg Lift

Leg lift merupakan olahraga yang dapat membantu untuk mengencangkan paha Anda, terutama pada bagian dalam. Cara mengecilkan paha sambil tiduran ini dapat Anda lakukan di atas kasur atau matras. Pertama-tama baringkan tubuh Anda, kemudian tangan berada di samping. Selanjutnya, rapatkan kedua kaki Anda dan angkat hingga setinggi 46 derajat. Tahan posisi ini selama 15 detik dan ulangi gerakan ini hingga 10 kali. 

  1. Naik Turun Tangga

Tidak perlu repot-repot pergi ke tempat gym untuk mengecilkan paha, pasalnya kamu bisa menggunakan tangga di rumah untuk olahraga. Caranya adalah dengan berjalan di tangga dengan melewati dua anak tangga sekaligus. Ulangi gerakan ini hingga 5 kali naik-turun tangga. 

  1.  Lompat Tali 

Bagaimana cara mengecilkan paha dalam 1 hari? Tentunya itu hampir mustahil untuk diwujudkan ya. Namun kamu bisa mengecilkan paha dengan cara melakukan gerakan lompat tali yang dilakukan selama 20-30 menit dapat membakar lemak yang berada di area paha Anda. Lakukan lompat tali secara rutin, maka paha kamu pun akan mengecil dalam waktu yang cepat. 


Baca Juga: Yuk, Lakukan Olahraga Kardio Agar Tubuh Selalu Sehat!

  1. Bicycle Crunches

Gerakan ini menjadi salah satu cara mengecilkan paha dan betis sebelum tidur, karena Anda dapat melakukannya di atas kasur. Gerakan ini dilakukan seperti layaknya sedang mengayuh sepeda. Caranya ialah dengan posisi terlentang dengan kedua tangan di sisi tubuh, kemudian angkat kedua kaki Anda menghadap ke langit-langit, setelah itu gerakan kedua kaki seperti sedang mengayuh sepeda. 

  1.  Yoga

Yoga pada gerakan warrior pose dan anantasana dapat menjadi cara mengecilkan paha. Cara melakukan warrior pose ialah dengan membuka kaki lebar-lebar, kemudian tekuk salah satu kaki Anda, dan meluruskan kaki satunya ke arah belakang. Posisi tangan Anda cukup direntangkan sejajar dengan kedua kaki. Tahan posisi ini hingga satu menit dan mengganti kaki yang ditekuk. Anda dapat mengulangi gerakan ini sampai 8 kali. 


Sedangkan dalam melakukan anantasana ialah dengan merebahkan tubuh Anda dengan posisi miring, kemudian angkat kaki kanan dan gapai kaki kanan menggunakan tangan kanan. Tahan posisi ini hingga satu menit dan ulangi gerakan ini sampai 8 kali dan mengganti kaki sebelahnya. 

  1. Jogging

Jika Anda ingin mengecilkan paha secara cepat, maka jogging bisa menjadi cara mengecilkan betis dan paha dalam 1 minggu yang efektif. Olahraga ini pun bisa Anda lakukan kapan dan dimanapun. Apabila dilakukan secara rutin olahraga satu ini dapat membantu mengecilkan betis dan paha Anda.

  1. Calf Raises

Cara mengecilkan paha selanjutnya ialah dengan calf raises. Gerakan ini dilakukan dengan cara posisi kaki yang agak rapat dengan posisi tubuh yang tegak. Kemudian, angkat tubuh Anda dengan tumit ke arah atas, seperti halnya gerakan balet. Gunakan ujung kaki Anda sebagai tumpuan. Tahan posisi hingga beberapa detik dan ulangi kembali dari awal. 

  1. Berenang

Berenang merupakan cara mengecilkan paha dan betis. Hal ini dikarenakan gerakan berenang menggunakan hampir seluruh anggota tubuh, dari lengan hingga paha. Apabila Anda melakukannya dengan rutin paha pun akan mengecil, bahkan juga dengan anggota tubuh lainnya. 

  1. Bersepeda

Melakukan olahraga sepeda tentunya dapat mengecilkan paha Anda, pasalnya gerakannya sangat bergantung pada paha dan betis. Jika Anda bersepeda secara rutin, maka otot bagian paha dan betis akan dipastikan lebih mengencang dan mengecil. 


Baca Juga: 9 Manfaat Bersepeda, Bisa Mengatasi Kanker dan Sakit Jantung

  1. Kurangi Porsi Makan

Jika Anda mencari cara mengecilkan paha tanpa olahraga, maka dengan mengurangi porsi makan akan menjadi cara yang efektif. Pasalnya, kalori dan lemak Anda pun akan berkurang. Dianjurkan untuk mengurangi porsi makan 10%-15%. 

  1. Konsumsi Air Putih

Air putih memiliki peran dan manfaat yang sangat penting untuk tubuh. Namun, selain itu dengan mengonsumsi air putih juga dapat membantu kamu untuk mengecilkan bagian-bagian tubuh. Hal ini dikarenakan minum air putih dapat mengontrol nafsu makan, dengan begitu asupan kalori dan lemak dalam tubuh akan berkurang.

  1. Konsumsi Makanan Sehat

Jika ingin mengecilkan paha, maka mulai sekarang pastikan untuk mengonsumsi makanan sehat. Pilihlah makanan yang mengandung karbohidrat, tetapi tidak mengandung komposisi lemak, seperti buah-buahan, sayur-sayuran oranye dan hijau, dan lain sebagainya. Kemudian, konsumsi pula protein yang tidak berlemak, seperti putih telur, kalkun, ikan, ayam tanpa kulit, dan lain sebagainya. 

  1. Tidur yang Cukup

Dengan tidur atau istirahat yang cukup setiap harinya, dapat membantu Anda untuk mengecilkan paha. Pasalnya, dengan tidur yang cukup akan mengurangi rasa lapar Anda di malam hari. Dengan begitu, kalori dan lemak yang masuk ke dalam tubuh akan berkurang. 


Selain itu, tidur yang cukup juga akan membantu Anda untuk lebih bersemangat di pagi hari untuk menjalani aktivitas, seperti berolahraga. Tentu, tidur yang cukup dapat menjadi cara mengecilkan betis dan paha yang efektif.

  1.  Rutin Sarapan Pagi

Sarapan dapat membentuk metabolisme untuk tubuh. Dengan begitu, sarapan pagi dapat menjadi cara mengecilkan paha yang membantu untuk mengurangi lemak di area paha. Pastikan Anda memilih menu sarapan yang karbohidrat kompleks kaya akan serat dan kombinasi protein. Hindari pula menu yang mengandung karbohidrat olahan dan rendah gula.


Anda bisa melakukan tips cara mengecilkan paha di rumah tersebut dengan menggunakan peralatan yang ada atau pergi ke pusat kebugaran gym agar lebih optimal. Akan sangat bagus jika tempat tinggal Anda dilengkapi fasilitas olahraga seperti halnya perumahan Mustika Park Place yang menyediakan fasilitas olahraga seperti jogging track, ruang fitness, kolam renang, dan lapangan olahraga. Klik disini untuk informasi detail Mustika Park Place.


Mari kunjungi proyek kami:

Mustika Park Place
Jl. Burangkeng, Kec. Setu, Bekasi, Jawa Barat 17320

Selain itu, Anda juga bisa menghubungi nomor 0812-8006-5200 atau email ke [email protected].