MUSTIKALAND.CO.ID - Manfaat joging tidak hanya baik bagi kesehatan tubuh, namun juga dapat menghindarkan Anda dari risiko penyakit tertentu. Manfaat ini bisa Anda peroleh jika Anda lakukan secara konsisten dan teratur. Joging memang menjadi salah satu olahraga yang diminati masyarakat. Hal ini karena selain mudah dilakukan, joging juga termasuk olahraga yang murah. Tidak seperti bersepeda yang relatif mahal, joging bahkan bisa dilakukan tanpa perlengkapan khusus. Berikut beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dari joging.

Menghilangkan Stres

Menghilangkan Stres


Banyak penelitian menyebut bahwa joging dapat menghindarkan seseorang dari stres. Adapun alasan mengapa joging dapat melindungi Anda dari stres yaitu karena saat melakukan joging tubuh akan terpicu untuk mengeluarkan hormon endorfin yang dihasilkan oleh kelenjar pituitari. Hormon inilah yang memiliki fungsi menimbulkan perasaan senang dan mengurangi rasa sakit. Meningkatnya produksi hormon endorfin secara tidak langsung dapat memperbaiki suasana hati hingga Anda tidak larut dalam kesedihan.


Baca Juga: 10 Rekomendasi Olahraga Menyenangkan Bersama Keluarga

Meningkatkan Sistem Pernapasan

Meningkatkan Sistem Pernapasan


Anda punya masalah dengan pernapasan? Joging bisa menjadi solusinya. Layaknya aerobik, saat Anda melakukan joging kapasitas paru-paru Anda akan meningkat menjadi lebih besar. Hal ini akan membuat pernapasan Anda menjadi lebih kuat, sehingga Anda dapat terhindar dari penyakit pernapasan, seperti asma, penyakit paru obstruktif kronis (PPOK), bronkitis hingga risiko kematian yang diakibatkan oleh gangguan pernapasan. Bila Anda ingin mendapatkan udara segar, Anda bisa melakukannya di pagi hari atau bahkan di waktu subuh. 

Meningkatkan Energi

Meningkatkan Energi


Serupa dengan olahraga lain, joging juga dapat meningkatkan stamina tubuh. Kaitannya dengan sistem pernapasan, joging berperan dalam meningkatnya kapasitas dan kinerja paru-paru sehingga menghasilkan energi yang cukup untuk Anda gunakan dalam menjalani aktivitas sehari-hari.


Baca Juga: Ini Olahraga Ringan dan Murah yang Bisa Dilakukan di Rumah

Mencegah Diabetes

Mencegah Diabetes


Manfaat lain dari joging yaitu dapat menghindarkan seseorang dari penyakit diabetes. Bagi Anda yang memiliki obesitas sangat disarankan untuk melakukan joging. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan Journal of American Medical Association joging dapat memangkas gula darah dalam tubuh. Namun, agar Anda bisa mendapatkan manfaat secara maksimal lakukan joging secara teratur sesuai dengan durasi yang dianjurkan yaitu 3 sampai 4 kali dalam seminggu dengan durasi cukup 30 menit. 

Memperkuat Otot

Memperkuat Otot


Joging juga berperan besar dalam menjadikan otot betis, otot paha dan otot bokong menjadi lebih kuat. Selain itu, karena melibatkan aktivitas tekanan joging juga membantu mempertahankan bagian tubuh Anda, seperti betis dan kaki menjadi lebih kencang.

Anti Penuaan

Anti Penuaan


Selanjutnya, manfaat joging juga dapat membuat Anda menjadi awet muda. Hal ini karena joging membuat pasokan oksigen dan darah ke kulit menjadi lebih banyak sehingga kulit menjadi lebih segar. Dengan kulit yang segar Anda akan terlihat lebih awet muda dan tidak terlihat tua.

Memperpanjang Umur

Memperpanjang Umur


Selain menerapkan pola hidup sehat, joging adalah pilihan terbaik bagi orang yang ingin hidup lebih lama atau panjang umur. Pasalnya, dengan joging secara teratur tubuh Anda akan menjadi lebih bugar sehingga Anda tidak mudah terserang penyakit dan hidup lebih lama. 

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Meningkatkan Kekebalan Tubuh


Joging secara teratur dapat meningkatkan imunitas atau kekebalan tubuh.Guna meningkatkan daya tahan tubuh, Anda disarankan untuk joging selama 20 menit setiap harinya. Akan lebih baik lagi jika Anda melakukannya dibawah sinar matahari pagi hari. Tidak hanya tubuh yang sehat, namun kebutuhan asupan akan vitamin D Anda secara tidak langsung juga akan terpenuhi.

Menurunkan Berat Badan

Menurunkan Berat Badan


Mungkin ini adalah salah satu manfaat jogging yang paling menyenangkan bagi wanita. Berdasarkan penelitian, joging yang dilakukan selama 30 menit dapat membakar sekitar 300 kalori. Agar Anda dapat merasakan manfaatnya secara maksimal, Anda harus melakukan joging dengan benar. Adapun cara joging dengan benar diantaranya dengan melakukan pemanasan 5 sampai 10 menit sebelum joging agar terhindar dari cedera, mengkonsumsi air putih supaya tidak dehidrasi, rutin mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat dan protein setidaknya 3 jam sebelum Anda joging hingga melakukan pendinginan (minum air putih) setelah joging. 


Hal ini dimaksudkan untuk menggantikan cairan Anda yang hilang ketika melakukan joging. SelaIn itu, hal lain yang tidak kalah penting saat melakukan joging yaitu gunakan sepatu dan pakaian olahraga yang nyaman dan menyerap keringat. Dengan begitu Anda akan memperoleh manfaat joging secara maksimal.

Menyehatkan Jantung

Menyehatkan Jantung


Beberapa penelitian menyebut bahwa joging dapat melancarkan sirkulasi sehingga membuat kInerja jantung menjadi lebih optimal. Jika dilakukan secara rutin, maka Anda akan merasakan manfaat lain seperti, mengendalikan denyut jantung dan tekanan darah, hingga mencegah terjadinya risiko penyakit jantung.

Menjaga Kesehatan Mental

Menjaga Kesehatan Mental


Joging tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan fisik, lebih dari itu joging juga bermanfaat bagi kesehatan mental. Dalam prakteknya, saat Anda melakukan joging maka tubuh Anda akan melepaskan zat endorfin dan serotonin. Dimana zat inilah yang akan mempengaruhi suasana hati Anda menjadi lebih menyenangkan. Sederhananya, joging dapat membuat Anda menjadi rileks dan jauh dari stres.


Itulah 12 manfaat joging yang bisa Anda dapatkan bila Anda melakukannya dengan benar dan teratur. Dalam prakteknya joging baik dilakukan 3 hingga 4 kali dalam seminggu baik di waktu pagi maupun sore hari karena waktu terbaik joging adalah di sore hari. Dimana di sore hari suhu tubuh manusia mencapai puncaknya. Namun jika Anda mempunyai fisik yang bugar tidak ada salahnya jika Anda melakukannya setiap hari. Pastikan pula Anda tidak melakukan secara berlebihan.

Mari kunjungi proyek kami:

Mustika Village Sukamulya
Desa, Sukamulya, Kec. Sukatani, Bekasi, Jawa Barat 17630

Mustika Village Karawang
Lemahmulya, Kec. Majalaya, Kab. Karawang, Jawa Barat 41371

Mustika Park Place
Jl. Burangkeng, Kec. Setu, Bekasi, Jawa Barat 17320

Selain itu, Anda juga bisa menghubungi nomor 0812-8006-5200 atau email ke care@mustikaland.com.