MUSTIKALAND.CO.ID - Di Indonesia sendiri, terdapat banyak mitos yang sudah turun-menurun, salah satunya adalah primbon. Terdapat berbagai macam mitos yang terdapat dalam primbon, seperti mitos rumah tusuk sate atau makna dari kedutan di mata kanan bawah. Penasaran apa saja arti dari kedutan tersebut? Yuk simak ulasan berikut mengenai arti dari kedutan mata kanan bawah. 

Makna Kedutan Mata Kanan Bawah Menurut Primbon 

Menurut primbon Jawa, terdapat beberapa arti dari kedutan mata kanan bawah, yaitu sebagai berikut:

  1. Akan Mendapatkan Rezeki

Bagi Anda yang merasakan kedutan di mata kanan bawah, bersiaplah karena Anda akan mendapatkan rezeki sebentar lagi. Entah rezeki dalam bentuk uang, atau dalam bentuk yang lainnya, karena rezeki tidak selalu mengenai uang.

  1. Akan Menangis

Hati-hati apabila Anda mengalami kedutan mata kanan bawah, karena artinya Anda akan menangis. Hal ini dapat disebabkan oleh kesedihan karena perpisahan dengan kekasih, atau karena kekecewaan yang lainnya. 

  1. Kabar Buruk yang Datang 

Kedutan mata kanan bawah juga dipercaya akan terjadi sesuatu yang buruk. Namun, Anda jangan khawatir karena hal ini hanyalah mitos, dan jika memang benar, Anda bisa menyiapkan diri sebaik-baiknya seandainya kabar buruk tersebut datang. 

  1. Akan Merasakan Kehilangan 

Arti selanjutnya adalah, Anda akan merasakan kehilangan sesuatu dari hidup Anda. Baik itu kehilangan orang terdekat, teman, ataupun benda favorit Anda. Oleh karena itu, Anda harus lebih hati-hati, dan mulailah untuk menghargai orang-orang terkasih di sekitar Anda. 

  1. Akan Mengalami Gangguan Kesehatan

Berdasarkan primbon Jawa, kedutan mata kanan bawah juga berarti bahwa Anda akan mengalami gangguan kesehatan. Bagaimana kondisi kesehatan Anda akhir-akhir ini? Pastikan Anda menjaga kesehatan ya supaya tidak terkena penyakit.  


Baca Juga: Yuk, Lakukan Olahraga Kardio Agar Tubuh Selalu Sehat!

Makna Kedutan Mata Kanan Bawah Menurut Islam

Ternyata selain dari pedoman primbon Jawa, kedutan mata kanan bawah juga memiliki arti menurut Islam, lho. Mari simak maknanya di bawah ini:

  1. Akan Mendapatkan Kabar Baik

Berbeda dengan arti dari pedoman primbon Jawa, menurut Islam, justru kedutan di mata bawah kanan berarti Anda akan menerima kabar baik sebentar lagi. Jadi, tidak selalu kedutan di mata kanan bawah tandanya negatif, tergantung Anda mau meyakini yang mana. 

  1. Akan Ada Tamu yang Berkunjung

Nah, Anda jangan khawatir karena arti kedutan mata kanan bawah yang satu ini memiliki arti positif. Siap-siap karena dalam waktu dekat ini, akan ada tamu yang datang berkunjung ke rumah Anda. 

  1. Sembuh Dari Penyakit

Berbeda dengan arti dari primbon Jawa, menurut Islam, jika Anda mengalami kedutan, itu tandanya Anda akan terbebas dari penyakit yang diderita selama ini. Namun, walaupun begitu Anda tetap harus berusaha untuk menyembuhkan penyakit Anda.

Arti Kedutan Mata Menurut Medis

Selain makna kedutan mata berdasarkan primbon Jawa dan Islam, ternyata kedutan mata juga berkaitan dengan kesehatan, lho. Melansir Web Md, kedutan mata dapat diartikan dengan otot mata yang kejang, atau kelopak mata yang tidak bisa Anda kendalikan. Dalam istilah medisnya, disebut dengan blepharospasm. Kedutan ini lebih sering dialami oleh kelopak mata atas, dan bergerak setiap beberapa detik. Berikut arti dari kedutan mata menurut medis, yaitu sebagai berikut:

  1. Tanda Kelelahan

Saat Anda mengalami kedutan pada mata kanan atau kiri, bisa jadi itu adalah tanda bahwa Anda kelelahan. Namun, jangan khawatir karena kedutan ini akan segera hilang dalam beberapa hari atau minggu.

  1. Terlalu Banyak Mengonsumsi Alkohol 

Arti dari kedutan mata yang selanjutnya berhubungan dengan konsumsi alkohol. Ketika Anda mengalami kedutan setelah minum alkohol, sebaiknya Anda menguranginya demi kesehatan Anda yang baik. Selain alkohol dapat mempengaruhi kesehatan Anda, konsumsi alkohol yang berlebihan dapat berpengaruh pada otak. 

  1. Stres

Selain kelelahan dan alkohol yang dapat menyebabkan kedutan, stres yang berlebih juga dapat mengakibatkan kedutan pada mata. Tidak hanya kedutan di mata, stres juga dapat menyebabkan gejala-gejala seperti sakit kepala, sakit perut, tekanan darah yang tinggi, ataupun masalah tidur. Oleh sebab itu, pastikan Anda dapat mengontrol stres dengan baik. Anda bisa mandi air hangat, ataupun melakukan olahraga yoga untuk menurunkan tingkat stres

  1. Merokok

Arti dari kedutan mata yang berikutnya adalah merokok. Rokok dapat mengakibatkan otot mata lelah, yang berujung pada kedutan pada mata. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda mengurangi rokok atau berhenti merokok. Terdapat banyak cara yang dapat dilakukan untuk berhenti merokok. 

  1. Mata Kering 

Mata yang kering juga dapat menyebabkan kedutan. Hal ini dapat terjadi jika Anda  mengonsumsi alkohol atau kafein yang berlebih, dan duduk di depan layar laptop atau komputer berjam-jam. Jika kedua kelopak mata Anda kedutan karena mata kering, pastikan Anda ke dokter untuk penanganan lebih lanjut.

  1. Alergi 

Makna dari mata kedutan yang selanjutnya adalah alergi. Saat Anda mengalami reaksi alergi, kemungkinan besar mata Anda akan membengkak dan menjadi gatal. Anda menggosok mata karena gatal tersebutlah yang menyebabkan mata kedutan. Jika kedutan tidak berhenti, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan  dokter untuk mengatasi alergi tersebut. 

  1. Kafein 

Arti yang terakhir adalah karena konsumsi kafein yang berlebihan. Cobalah untuk mengurangi kopi dan makanan yang mengandung kafein seperti coklat, minuman berenergi dan teh selama beberapa minggu untuk melihat apakah kedutan berhenti atau tidak. Jika Anda tidak bisa menghindari kopi, decaf coffee merupakan salah satu opsi kopi yang sudah dikurangi kandungan kafeinnya. 


Baca Juga: Ini Olahraga Ringan dan Murah yang Bisa Dilakukan di Rumah

Cara Mengatasi Mata Yang Kedutan

Berikut merupakan cara-cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi mata kedutan, yaitu sebagai berikut:

  1. Istirahat yang cukup

  2. Relaksasi, seperti melakukan yoga atau meditasi

  3. Melakukan peregangan dan pemijatan otot yang kram

  4. Cobalah untuk tidak khawatir pada kedutan tersebut

  5. Kurangi konsumsi alkohol, maupun kafein 

  6. Jika mata terasa kering, Anda dapat menggunakan obat tetes mata

  7. Kurangi penggunaan laptop atau komputer yang terlalu lama

  8. Mengompres area mata yang kedutan

Nah, itulah ulasan mengenai arti dari kedutan mata kanan bawah. Tidak hanya bisa dilihat dari sisi primbon Jawa dan Islam, ternyata arti dari kedutan juga dapat dilihat dari sisi kesehatan. Semoga bermanfaat ya.


Mari kunjungi proyek kami:


Mustika Village Sukamulya
Desa, Sukamulya, Kec. Sukatani, Bekasi, Jawa Barat 17630

Mustika Village Karawang
Lemahmulya, Kec. Majalaya, Kab. Karawang, Jawa Barat 41371

Mustika Park Place
Jl. Burangkeng, Kec. Setu, Bekasi, Jawa Barat 17320

Selain itu, Anda juga bisa menghubungi nomor 0812-8006-5200 atau email ke [email protected].