Tanah dengan harga yang tinggi di wilayah perkotaan merupakan sebuah permasalahan bagi anak muda, khususnya yang baru berkeluarga dan belum memiliki rumah. 

Umumnya, desain rumah 2 lantai yang mengusung desain minimalis terdapat berdimensi kecil hingga sedang, dapat mengirit pengeluaran Anda dalam membangun suatu rumah.

Merencanakan desain rumah 2 lantai  dengan konsep minimalis bukanlah hal mudah, asalkan Anda tahu apa yang diperlukan.

Penasaran? Yuk, simak ulasan lengkapnya di bawah ini!


Rumah minimalis 2 lantai Sederhana

Rumah minimalis 2 lantai sederhana dapat menampung sekitar 2 sampai 4 anggota keluarga. Bangunan minimalis 2 lantai memang tidak terlalu besar, namun cukup menampung banyak orang dan cocok untuk keluarga kecil.

Material Kayu

Anda bisa mendapatkan rumah yang menarik seharga 100 juta dengan bahan yang terbuat dari kayu. Meskipun rumah kayu tidak dapat dibedakan dari rumah di pedesaan terbuka, tetapi jika konsepnya dibuat agak modern, Anda masih dapat membuat rumah dengan 2 lantai untuk 4-5 orang.

Dibanding dengan bahan lain semacam cermin, beton, serta baja, kayu mempunyai konduktivitas termal yang rendah, atau dengan kata lain, kayu menahan panas serta menciptakan rumah yang lebih hemat energi.


Kualitas udara pada bangunan kayu juga lebih baik, dengan emisi yang lebih sedikit dibanding dengan sebagian bahan konstruksi yang lain.

Material Bata

Dengan membayar 100 juta, Anda dapat coba merealisasikan rumah impian Anda bersama keluarga tercinta. Batu bata menawarkan kekuatan tekan yang sangat besar.

Kemampuan untuk melepaskan serta meresap kelembaban membantu mengendalikan temperatur serta kelembaban di dalam konstruksi. Tidak akan mustahil selama Anda pandai menggunakan material bata. 

Selama ada tekad dan keinginan, maka Anda bisa membangun rumah impian dengan biaya yang tidak terlalu mahal.

Material Batako

Batako sering sekali digunakan untuk membangun sebuah bangunan, karena material batako terbilang ekonomis. Anda dapat menjadikannya sebagai material utama untuk membuat rumah minimalis 2 lantai yang biayanya tidak mahal.

Material ini tidak hanya murah namun juga dapat meredam suara bising. Batako juga masih menjadi salah satu bahan bangunan yang sangat banyak digunakan sebab daya tahan, kapasitas struktural, kinerja energi dan efek alami yang tidak berbahaya bagi lingkungan.


Baca juga: 7 Denah Rumah Tinggal Minimalis yang Nyaman Ditinggali


Rumah Minimalis 2 Lantai Modern

Rumah minimalis 2 lantai sangat cocok untuk Anda yang menyukai desain minimalis. Rumah ini bisa dibangun diatas lahan yang sempit maupun luas.

Rumah Mungil

Rumah 2 lantai bergaya minimalis modern berukuran mungil ini sangat untuk cocok dihuni oleh keluarga baru dengan 2 orang anak. Walaupun ukurannya kecil, kesan bagus serta elegan, dan indah dari lingkungan pekarangan serta halaman rumah yang hijau.

Rumah Persegi Panjang

Rumah 2 lantai berbentuk persegi panjang yang unik ini sebenarnya memiliki 3 lantai, akan tetapi lantai dasarnya dijadikan sebagai garasi. Walaupun kecil, kebutuhan ruang dalam rumah ini dapat tercukupi berkat ruang vertikal serta menggunakan panjang tanah yang ada.

Rumah Berbentuk Kubus

Rumah yang satu ini berbentuk semacam kubus dengan atap datar. Dengan bentuk kubus, Anda bisa mendapatkan ruangan yang lebih luas sehingga bisa menyisakan tanah untuk membuat taman dan akan terlihat sangat menarik.

Rumah Kotak Berkaca

Rumah kotak berkaca memiliki ruangan yang berfungsi layaknya rumah biasa seperti dapur, ruang tamu,kamar mandi, dan tempat tidur. Di lantai 1 ada ruang tamu yang tersambung langsung dengan dapur serta kamar mandi untuk di lantai 2 ada satu tempat tidur yang muat ditempati 2 orang.

Rumah Seperti Kabin

Rumah yang bentuk seperti kabin ini memiliki 2 lantai yang tampak unik.Memanfaatkan material kayu yang dilapisi cat warna merah pada dinding luar, interiornya sendiri mengekspos warna material kayu, sehingga sangat cocok sebagai tempat beristirahat rasa liburan. Sebelum membangunnya, pastikan Anda sudah menghitung kisaran biaya bangunan rumah 2 lantai tersebut agar Anda dapat mempersiapkan biaya yang dibutuhkan.


Rumah Type Minimalis 2 Lantai 

Desain rumah minimalis 2 lantai tidak harus terlihat mewah. Anda bisa menerapkan ide rumah minimalis tidak hanya bagus untuk dilihat, tetapi juga bermanfaat. Anda bisa memanfaatkan rumah minimalis 2 lantai untuk mendapatkan tambahan ruangan sehingga kebutuhan keluarga terpenuhi dengan baik.

Rumah Luas Tanah 60 Meter

Anda harus tau tanah seluas 60 meter mampu membangun sebuah rumah impian banyak orang. Anda dapat mewujudkan desain rumah 2 lantai simpel serta harga yang sangat terjangkau dengan luas tanah sebesar 60 m persegi.

Dengan luas tanah 60 meter Anda bisa membangun rumah sederhana dengan 2 buah kamar tidur yang berada di lantai 2, dua buah kamar mandi, bahkan sebuah halaman kecil dan gudang yang berada di bagian belakang dari rumah.

Rumah Type 45

Anda dapat mencoba melihat desain rumah 2 lantai sederhana serta bayaran dari rumah tipe 45. Banyak yang berpikiran jika rumah tipe 45 ialah ukuran sangat cocok untuk keluarga kecil yang baru saja menikah serta memiliki anak.

Ukurannya yang lebih besar dari tipe 36 membuat rumah tipe 45 jadi kesukaan buat banyak orang.

Rumah Type 36

Membeli rumah tipe 36 adalah hal yang baik. Tidak hanya biayanya yang masih sangat terjangkau, Anda juga dapat dengan mudah untuk merancang desain rumah 2 lantai sederhana yang bertipe 36.

Walaupun ukurannya sangat terbatas, rumah bertipe 36 ini sangatlah disukai dan tercatat sebagai salah satu jenis rumah yang sangat gampang buat diperjualbelikan.

Untuk mengoptimalkan ruang, Anda dapat merancangnya dengan konsep semi open plan yang dimana ruang tamu serta ruang keluarga tersambung tanpa terdapat tembok yang menghalangi. Tidak hanya itu, kamar tidur dapat diletakkan pada lantai 2, sehingga ruang pada lantai bawah akan terlihat luas.


Baca juga: 5 Inspirasi Teras Rumah Minimalis yang Populer Saat Ini


Rumah Type 21

Bisa kita lihat kebanyakan desain rumah minimalis type 21 ini berukuran mungil namun tetap unik. Keunggulan yang bisa didapat ialah rumah ini tidak begitu memerlukan tanah yang luas.

Sesuai untuk keluarga masa saat ini, mengingat lahan yang bisa dijadikan tempat tinggal terus menipis.

Demikian ulasan mengenai desain rumah minimalis 2 Lantai semoga bisa menginspirasi dan membantu Anda dalam membuat rumah impian. Usahakan untuk selalu memastikan terlebih dahulu berapa biaya yang Anda inginkan sebelum membangun rumah.