MUSTIKALAND.CO.ID - Seberapa penting sih mendekorasi kamar tidur? Ya, sejatinya kamar tidur merupakan salah satu bagian penting dari sebuah rumah yang memerlukan penataan khusus. Oleh sebab itu, menghias atau mendekorasi kamar tidur kerap dilakukan, bahkan menjadi hobi yang digemari oleh banyak orang. 

Banyak anggapan bahwa kamar tidur adalah sebuah ruang privat yang mencerminkan penghuninya, oleh karena itu pula seseorang tentu ingin selalu menjadikan kamar tidurnya tampil menarik dan memberikan rasa nyaman.

Lantas, bagaimana dengan kamar tidur sempit? Apakah Anda tak perlu menghias atau mendekorasinya agar tampak lebih menarik? Jawabannya tentu saja bukan menjadi soal untuk tidak membuatnya menjadikannya selalu tampak menarik.

Bahkan, ketika kamar tidur memiliki ukuran terbatas, ruangan satu ini pun perlu didesain dengan baik sehingga bisa digunakan sesuai fungsi serta memberikan kenyamanan bagi penggunanya. Nah, berikut adalah beberapa inspirasi dekorasi kamar tidur sempit sederhana jadi kelihatan luas dan nyaman.

Menempatkan Perabotan Multifungsi

Salah satu trik untuk membuat kamar tidur sempit terlihat luas adalah pada penempatan perabotan di dalamnya. Alih-alih menggunakan banyak furniture,  perabotan multifungsi dapat digunakan sebagai tempat penyimpanan banyak barang sekaligus.

Beberapa contoh perabotan multifungsi seperti tempat tidur yang menyatu dengan dinding, meja rias yang juga dapat digunakan sebagai meja kerja serta lemari pakaian yang berbentuk laci serbaguna. 

Baca Juga: 5 Inspirasi Kamar Tidur Terpopuler, Bikin Makin Betah di Rumah

Dekorasi Serba Putih

Untuk menampilkan kesan ruangan terlihat luas dan bersih maka ada baiknya jika menggunakan ornamen serba putih. Pemilihan ornamen tersebut dapat meliputi dinding, tirai, dipan serta meja rias. Namun, agar suasana kamar tidak terasa membosankan maka  dapat juga melapisi lantai dengan lapisan kayu atau karpet berwarna terang.

Tambahkan Elemen Cermin

Alternatif lain agar  kamar tidur sempit menjadi terlihat menjadi luas adalah dengan meletakan elemen cermin di berbagai sudut ruangan. Cermin dapat dilekatkan pada lemari baju, dinding ruangan sebagai hiasan bahkan pada daun pintu.

Tak hanya menjadikan kamar tidur terlihat lebih luas namun dapat juga memberikan kesan terang dan sejuk. Bahkan dalam kepercayaan feng shui, cermin merupakan perlambangan dari kemakmuran dan menyerap energi positif.

Meletakan Ranjang Secara Melintang

Agar kamar tidur terlihat luas, maka tempat tidur berukuran single dapat diletakan secara melintang. Dengan penempatan seperti ini, sisa ruang yang ada dapat digunakan untuk meletakan meja ataupun lemari pakaian.

Menggunakan Kasur Tanpa Ranjang

Bagi sebagian orang, kasur tanpa ranjang tak hanya terbilang praktis namun juga memberikan kesan santai pada kamar tidur. Tak hanya mampu menghemat ruang, kasur tanpa ranjang membuat kamar mudah dibersihkan dan cocok jika dipadukan dengan konsep apapun. 

Baca Juga: Rekomendasi Desain Kamar Tidur Minimalis, Tetap Tampil Estetik

Menggunakan Konsep Mezzanine

Konsep Mezzanine merupakan salah satu desain kamar tidur yang paling banyak diminati saat ini. Membagi satu ruang menjadi dua bagian yaitu atas sebagai tempat tidur dan bawah sebagai ruang kerja dipandang praktis dan terkesan unik. 

Untuk membuat kamar tidur seperti ini yang harus diperhatikan adalah ukuran tinggi atap serta ventilasi yang berada pada kamar tersebut. Meskipun berada pada satu ruangan yang sama, konsep mezzanine memerlukan ventilasi yang besar serta atap yang tinggi agar tidak pengap dan sumpek.

Menggunakan Perabot Pintar

Permasalahan kamar tidur yang sempit membuat para desain interior menciptakan terobosan baru berupa perabot pintar. Perabotan ini dapat dikatakan multifungsi karena dapat digunakan untuk menunjang berbagai aktivitas di dalam kamar.

Contohnya saja sofabed, saat malam hari sofa dibentangkan menjadi tempat tidur sedangkan pada siang hari dapat dijadikan kursi sofa. Ada pula meja kerja yang menyatu dengan dinding, saat digunakan dapat dibentangkan layaknya meja komputer sedangkan saat tidak diperlukan dapat dilipat hingga menyerupai dinding. 

Baca Juga: 12 Desain Kamar Tidur Mewah Modern yang Bikin Kediaman Terlihat Kekinian

Menggunakan Lemari Tanam dan Wardrobe Terbuka

Agar kamar tidur tidak menjadi sempit karena penggunaan lemari baju, maka ada baiknya jika memasang instalasi lemari tanam. Tak hanya dapat digunakan untuk meletakan pakaian, lemari tanam dapat didesain sekaligus sebagai meja rias serta meja belajar.

Namun, jika kamar tidur tidak memungkinkan dibuat lemari tanam maka alternatif lainnya adalah dengan penggunaan etalase wardrobe terbuka. Agar terhindar dari debu serta sarang nyamuk ada baiknya dibersihkan secara berkala. 

Demi memberikan pengalaman yang berkualitas bagi calon pembeli, Mustika Park Place hadir dengan konsep keharmonisan yang SAFE, yaitu Smart, Active, Function, dan Eco Friendly. 

Konsep ini sekaligus menjadi jawaban atas meningkatnya jumlah permintaan pasar, terkhusus bagi pasangan milenial yang lebih memilih hunian dengan lokasi yang unik, asli, dan asri. 

Mustika Park Palace yang beralamat di Jl. Burangkeng Raya, Setu - Bekasi, Kecamatan Setu, Jawa Barat ini menawarkan sebuah konsep hunian dengan kamar tidur memadai yang memungkinkan Anda dan keluarga dapat mendesain sendiri tempat istirahat tersebut sesuai dengan tema yang diinginkan

Tentunya ada banyak kelebihan dari Mustika Park Place dibanding dengan perumahan sejenis. Sebagaimana kawasan Mustika yang lain, di kawasan ini penghuni dapat melakukan banyak aktivitas. 

Anda dan anak Anda dapat memanfaatkan berbagai fasilitas yang tersedia, di sini, di antaranya mereka dapat berkebun dan menanam tanaman di lahan yang tersedia. Jika Anda menginginkan sebuah pengalaman tinggal di kawasan yang berkesan untuk Anda dan keluarga, tempat inilah jawabannya!

Mari kunjungi proyek kami:

Mustika Park Place
Jl. Burangkeng, Kec. Setu, Bekasi, Jawa Barat 17320

Selain itu, Anda juga bisa menghubungi nomor 0812-8006-5200 atau email ke care@mustikaland.com.