MUSTIKALAND.CO.ID - Menurut kepercayaan tionghoa, feng shui rumah mendatangkan lebih banyak energi positif, seperti kesehatan, rezeki, kebahagiaan hingga keberuntungan bagi pemilik. Oleh karena itulah, sejak zaman kuno, kepercayaan ini masih dipegang erat dan juga diaplikasikan ketika mendesain rumah yang akan mereka tinggali. Bagi Anda yang belum familiar tentang tentang feng shui rumah yang dianjurkan, maka tidak perlu khawatir. Ulasan kali ini akan membantu Anda mengetahuinya. Yuk simak bersama!

Mengenal Feng Shui Rumah

Mengenal Feng Shui Rumah


Masyarakat tiongkok percaya bahwa hubungan harmonis antara manusia, bumi dan langit dapat menghadirkan energi positif (chi) dengan demikian sekaligus dapat menghindari energi negatif. Kedua energi tersebut mereka yakini dapat berasal dari tata letak sebuah hunian. Itulah ilmu topologi kuno dari tiongkok yang dikenal dengan sebutan feng shui rumah. Oleh karena itulah, ilmu ini kerap dijadikan sebagai panduan dalam membangun hingga mendesain rumah sebelum ditinggali pemiliknya. Lantas, aspek apa saja kerap menjadi perhatian?

Pintu Masuk

Pintu Masuk


Selain sebagai tempat keluar masuk pemilik rumah, dalam ilmu feng shui ternyata pintu masuk juga merupakan akses masuknya energi positif ke dalam rumah. Sehingga pintu harus didesain dengan besar yang proporsional, terbuka ke dalam, hingga menghindari letak yang berhadapan dengan pintu belakang maupun kamar mandi. Sehingga energi positif dapat mengitari rumah sebelum keluar.

Baca Juga: 12 Desain Pintu PVC Kamar Mandi yang Bisa Banget Jadi Pilihanmu

Aliran Air

Aliran Air


Masyarakat tionghoa mempercayai bahwa air yang mengalir terus menerus menggambarkan aliran rezeki yang terus mengalir. Oleh karena itulah, Anda dapat menempatkan air mancur dalam rumah tepatnya pada ruangan yang terbuka sehingga tidak hanya rezeki yang mengalir namun energi positif juga akan terus ada.

Warna Emas

Warna Emas


Anda pasti tidak asing dengan warna emas yang kerap ditemukan pada bangunan-bangunan yang identik dengan etnik tionghoa. Bukan tanpa alasan, warna ini dipercaya dapat mendatangkan energi positif, rezeki, dan juga keberuntungan untuk penghuni rumah. Terdapat berbagai macam pajangan berwarna emas yang bisa Anda taruh di rumah.

Kamar Tidur

Kamar Tidur


Berdasarkan feng shui rumah, kamar tidur tidak boleh diletakkan di atas garasi karena dipercaya dapat memberikan efek buruk dan juga kualitas tidur yang tidak baik. Tidak hanya itu, kamar tidur juga tidak boleh berada di loteng karena dapat menyebabkan ketinggian rumah tidak proporsional.

Peletakan Tangga

Peletakan Tangga


Selain tempat tidur, keseimbangan rumah juga ada pada tata letak tangga hingga jumlah tangga yang ada dalam sebuah rumah. Misalnya, tidak boleh ada lebih dari 2 tangga dan tidak disarankan untuk meletakkan tangga yang pada tengah rumah. Menurut kepercayaan kedua aspek ini dapat mengganggu keseimbangan rumah karena menghalangi energi positif tersebar merata.

Baca Juga: 11 Rekomendasi Model Tangga Mewah untuk Rumah Idaman Kamu

Letak Dapur

Letak Dapur


Tidak hanya tangga, tata letak dapur pun sudah ditentukan oleh feng shui rumah. Dapur tidak disarankan untuk berada di tengah rumah karena dapat aktivitasnya dapat mempengaruhi penghuni. Selain itu, tidak disarankan untuk berhadapan dengan kamar mandi karena akan menghilangkan energi positif dari pusat kesejahteraan dan kemakmuran rumah ini.

Kaca

Kaca


Seperti fungsinya, kaca tidak hanya digunakan untuk bercermin namun juga sebagai jalan masuknya cahaya dan energi positif ke dalam rumah. Oleh karena itulah peletakannya pun perlu diatur sesuai feng shui yakni tidak berlokasi di area ruang tamu, kamar bahkan juga ruang tengah. 

Sudut Tajam atau Runcing

Sudut Tajam atau Runcing


Menurut aturan feng shui, sudut tajam atau runcing yang berada di rumah dipercaya dapat menghadirkan energi negatif. Oleh karena itu, Anda dapat menutup sudut-sudut yang tajam dan runcing dengan penutup yang aman. Misalnya, Anda dapat mengakalinya menggunakan tanaman sehingga tidak begitu terlihat.

Arah Rumah

Arah Rumah


Hal yang tidak kalah penting untuk diperhatikan dalam feng shui sebuah rumah adalah arah rumah. Sehingga tidak jarang hal ini menjadi perhatian utama para pemilik rumah dalam membangun rumah karena dipercaya akan mempengaruhi kesehatan, keharmonisan, rezeki dan juga keberuntungan. Sesuai kepercayaan feng shui rumah menghadap selatan diartikan dengan sebuah keberuntungan dalam hal popularitas. 

Rumah yang menghadap barat, barat daya dan barat laut diartikan sebagai sebuah keberuntungan dalam hal keharmonisan keluarga, keturunan dan kelapangan ekonomi. Adapun rumah yang menghadap ke utara dalam feng shui diartikan sebagai keberuntungan dalam hal bisnis dan karir. Sementara rumah yang menghadap timur dipercaya memiliki keberuntungan seputar kesehatan.


Jika hampir semua arah rumah menunjukan sebuah keberuntungan, lain lagi dengan rumah tusuk sate. Rumah yang terletak diujung jalan seperti membentuk huruf T ini dalam ilmu feng shui diartikan dengan sesuatu yang buruk. Misalnya, penghuni rumah lebih mudah jatuh sakit, tertimpa kesialan, dihuni makhluk halus sampai kesulitan masalah ekonomi. 


Itulah berbagai aspek feng shui rumah yang dipercaya oleh masyarakat tionghoa sebelum membangun dan mendesain rumah mereka. Pada dasarnya rumah yang sehat tentu saja dapat mengalirkan udara, air, hingga sinar matahari yang baik untuk kesehatan penghuninya. Dengan demikian, energi positif akan selalu hadir dan mengitari rumah. Jadi, pastikan rumah Anda masuk dalam kriteria rumah yang sehat ya!

Mari kunjungi proyek kami:

Mustika Village Sukamulya
Desa, Sukamulya, Kec. Sukatani, Bekasi, Jawa Barat 17630

Mustika Village Karawang
Lemahmulya, Kec. Majalaya, Kab. Karawang, Jawa Barat 41371

Mustika Park Place
Jl. Burangkeng, Kec. Setu, Bekasi, Jawa Barat 17320

Selain itu, Anda juga bisa menghubungi nomor 0812-8006-5200 atau email ke care@mustikaland.com.