MUSTIKALAND.CO.ID - Memiliki aquarium yang hanya diisi air dan ikan hias tentu kurang menarik untuk dipandang. Anda perlu menambahkan berbagai pernak-pernik hiasan aquarium agar ikan tidak mudah stress sekaligus tampilannya menjadi lebih menawan.

Ada banyak ide yang bisa dikreasikan agar aquarium di rumah menjadi terlihat lebih mewah. Contohnya seperti menambahkan batuan hias, pasir warna-warni, karang buatan, hingga memasukkan benda-benda laut seperti kapal karam atau rumah nanas ala Sponge Bob yang bisa menjadi tempat bersembunyi ikan.

Jika saat ini Anda sedang mencari ide untuk menghias aquarium di rumah, maka beberapa referensi berikut ini mungkin bisa dipilih sebagai bahan pertimbangan. Namun perlu diingat, tidak semua ide bisa diaplikasikan pada aquarium Anda, pastikan untuk menyesuaikan dengan ukuran, budget, serta kebutuhan.
Menghias aquarium tidak selalu memerlukan bahan-bahan mahal. Anda bisa mulai berburu koleksi aksesoris aquascape seperti berikut ini untuk mempercantik aquarium di rumah.

Hiasan Aquarium dari Batu

Batu adalah benda paling populer yang biasa digunakan untuk menghias aquarium. Selain membuat ekosistem akuarium tampak lebih natural, penggunaan batu-batuan ternyata juga memiliki manfaat lain yang tidak kalah penting, yakni bisa meminimalisir agar ikan tidak terlalu stress.

Batu hiasan akuarium sendiri ada berbagai macam, mulai dari yang murah hingga mahal tergantung bentuk dan kualitas. Batu yang terbuat dari bahan keramik atau plastik misalnya, produk ini biasanya dijual dengan harga relatif lebih murah. Akan tetapi, jika Anda ingin mendapatkan tampilan yang lebih autentik dan natural maka sebaiknya menggunakan batu asli.


Baca Juga: 10 Inspirasi Desain Aquarium Minimalis untuk Dekorasi Hunian Modern

Hiasan Aquarium dari Barang Bekas

Ingin punya aquarium unik yang berbeda dari punya orang lain? Coba saja dengan memanfaatkan barang-barang bekas yang terlihat natural dan ikonik. Misalnya, Anda bisa menambahkan arloji atau jam tangan tua yang sudah rusak hingga botol-botol kaca kecil. Agar tidak mengapung, pastikan untuk memilih barang yang terbuat dari keramik, kaca atau tanah liat ya. 

Hiasan Aquarium Kapal Karam

Kapal karam merupakan salah satu benda yang identik dengan lautan. Maka dari itu, tidak heran jika banyak orang memiliki ide untuk menghias akuarium mereka dengan tema yang satu ini. Hiasan aquarium kapal karam sendiri bisa dibuat menggunakan material semen atau logam yang mudah tenggelam. Agar nuansanya terlihat lebih natural, Anda juga bisa menambahkan ornamen-ornamen bawah laut lainnya seperti karang, anemon, dan tumbuh-tumbuhan.

Hiasan Aquarium Tanaman Plastik Buatan Sendiri

Penggunaan tanaman sebagai penghias akuarium sedikit banyak bisa menciptakan kesan natural. Tampilan akuarium akan menjadi lebih sedap dipandang dengan adanya sentuhan hijau dari tanaman, sehingga Anda tidak cepat bosan. Beberapa contoh tanaman buatan yang bisa dijadikan pilihan untuk menghias akuarium antara lain, akar bonsai, rumput air, hingga ganggang.

Hiasan Aquarium Air Terjun

Hiasan aquarium dengan tema air terjun bisa menjadi pilihan bagi Anda yang menyukai ornamen kompleks namun tetap terlihat natural. Hiasan air terjun di dalam aquarium sendiri bisa dibuat dengan teknik aquascape, dimana aliran airnya berasal dari aliran pasir putih silika. Agar pasir putih tersebut terlihat mengalir, biasanya ditambahkan juga aerator sebagai pendorong pasir.

Bagi Anda yang baru terjun ke dunia aquascape dan masih bingung mencari ide menarik, Anda bisa mencoba membuat hiasan air terjun ini, karena proses pembuatannya sendiri relatif mudah dilakukan oleh pemula.


Baca Juga: 10 Ide Hiasan Aquarium untuk Mempercantik Isi Rumah

Hiasan Aquarium dari Pernak-pernik Dapur

Ada banyak cara untuk menghias aquarium agar tampilannya semakin cantik. Salah satunya yakni dengan memanfaatkan pernak-pernik yang ada di dapur. Percaya atau tidak, Anda bisa mendapatkan ide hiasan sederhana tapi tetap menarik untuk dilihat dengan barang-barang dapur, misalnya seperti cangkir teh jaman dulu, wadah kaca kecil, hingga mangkok sambal dari batu yang bisa menjadi tempat bersembunyi ikan kesayangan.

Hiasan Pasir Warna-Warni

Untuk menambah semarak tampilan akuarium, Anda bisa menggunakan hiasan pasir warna-warni. Selain harganya yang murah meriah, pasir warna-warni juga mudah didapatkan secara online maupun offline.

Bahan-baku pasir warna sendiri umumnya berasal dari silika. Kemasannya ada yang dijual per kilogram dengan pilihan warna seperti putih, merah, biru kuning, dan lain sebagainya.

Poster Sebagai Background Aquarium

Menambahkan poster di belakang akuarium bisa menjadi solusi praktis untuk mempercantik tampilan akuarium di rumah. Agar hasilnya lebih maksimal, pastikan untuk mencetak gambar dengan jenis kertas glossy yang lebih tebal serta menggunakan file beresolusi besar sehingga hasil cetakannya lebih tajam. Setelah selesai dicetak, Anda bisa menempelkan poster hiasan akuarium ini dibagian belakang menggunakan lem atau double tape. 


Baca Juga: 7 Tips Memancing di Kolam Pemancingan Biar Banyak Dapat Ikan

Lava Rock Aquascapes

Kreasi batuan alami merupakan lingkungan yang pas untuk perkembangan ikan hias. Salah satu tipe batuan yang kerap menjadi pilihan adalah Lava rock, jenis batuan ini tidak hanya bisa berfungsi sebagai hiasan, tapi juga memiliki kandungan bakteri denitrifikasi yang mampu meningkatkan kualitas air.

Bagi Anda yang belum tahu, Lava rock telah lama dikenal sebagai media biologis yang mampu mengurai zat amonia berbahaya dari kotoran ikan menjadi nitrat yang bermanfaat bagi tumbuhan.

Akar Pohon Rasamala

Akar kayu rasamala bisa menjadi hiasan aquarium yang Anda buat sendiri. Pohon yang banyak tumbuh di tanah Pasundan tersebut relatif mudah ditemui karena bisa hidup di daerah kering maupun lembab. Hiasan akar kayu rasamala sendiri bisa dipilih dalam berbagai ukuran, mulai dari kecil, sedang, hingga ukuran besar yang cocok untuk menghias aquarium di area taman. 

Hiasan Aquarium Rumah Nanas

Siapa sih yang tidak kenal dengan rumah nanas? Bangunan ikonik yang biasa kita lihat di serial anak-anak SpongeBob Square Pants tersebut juga bisa menjadi pilihan untuk mempercantik aquarium di rumah. Cara mendapatkan pernak-pernik rumah nanas ini sendiri cukup mudah, yakni Anda tinggal memesan secara online melalui marketplace.


Baca Juga: 8 Inspirasi Desain Kolam Ikan Minimalis untuk Rumah Mungil

Hiasan dari Cangkang Pantai

Cangkang yang sering kita jumpai di pantai juga bisa menambah kesan estetik aquarium Anda. Jika dibandingkan dengan beberapa hiasan artifisial, penggunaan cangkang sendiri relatif lebih aman karena tidak mengandung bahan kimia serta tidak berpotensi melukai tubuh ikan. Sedikit tips dari kami, Anda bisa mengkombinasikan penggunaan cangkang dengan bebatuan atau pasir putih guna mendapatkan kesan lepas pantai yang menawan.

Memelihara ikan hias sejatinya merupakan salah satu hobi yang menyenangkan. Selain bisa mempercantik tampilan rumah, memelihara ikan di aquarium juga kerap dijadikan sebagai media untuk menghilangkan stress dan kejenuhan. Maka dari itu, tidak heran jika banyak orang gemar mengoleksi pernak-pernik hiasan aquarium meski butuh modal lumayan besar.

Jadi, apakah Anda sudah mendapatkan ide hiasan aquarium dari beberapa contoh di atas? Jangan lupa, meskipun hiasan aquarium dan aksesori yang dijual sangat menggoda untuk digunakan, Namun Anda tetap harus menyesuaikan dengan kebutuhan.

Mari kunjungi proyek kami:

Mustika Village Sukamulya
Desa, Sukamulya, Kec. Sukatani, Bekasi, Jawa Barat 17630

Mustika Village Karawang
Lemahmulya, Kec. Majalaya, Kab. Karawang, Jawa Barat 41371

Mustika Park Place
Jl. Burangkeng, Kec. Setu, Bekasi, Jawa Barat 17320

Selain itu, Anda juga bisa menghubungi nomor 0812-8006-5200 atau email ke [email protected].